Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangga Menjadi Alumni SMK Negeri 1 Jeunieb

Sebagai pendidikan menengah kejuruan, SMK bertujuan untuk mempersiapkan peserta didiknya agar dapat langsung masuk ke dunia kerja setelah menyelesaikan semua proses pembelajarannya.

                      Foto Sawirul Fahri

SMK Negeri 1 Jeunieb berdiri sejak tahun 2004 dan aktif hingga saat ini. Sehingga SMK Negeri 1 Jeunieb telah menghasilkan alumni yang kompeten di bidang keahliannya masing-masing. Adapun bidang keahlian di SMK Negeri 1 Jeunieb adalah kemaritiman (Nautika dan Teknika Kapal Penangkap Ikan), Teknologi rekayasa (TKR dan TPM), Perikanan (APAT), Agribisnis dan agriteknologi (APHP),Seni dan ekonomi kreatif (Tata Busana) dan  pariwisata (Perhotelan).

                     Foto Sawirul Fahri

Salah satu alumni SMK Negeri 1 Jeunieb yang bersedia berbagi cerita adalah Syawirul Fakhri, alumni tahun 2015/2016 jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan. Awal karirnya dimulai ketika tahun 2016 dia mengikuti tes seleksi langsung oleh PT AILA Samudera Indonesia untuk menjadi pekerja di kapal penangkap ikan di Taiwan. Setelah melalui beberapa tahap seleksi dan dinyatakan lulus, pria kelahiran Blang Mee Barat Jeunieb ini menandatangani kontrak kerja untuk 2 tahun, padahal waktu itu ia belum memiliki ijazah SMK.

               Foto M. Yasir, alumni TKPI

Banyak pengalaman yang diperolehnya di antaranya dia sudah mengelilingi beberapa negara di antaranya Korea, Afrika Selatan, Madagaskar, Faiklan Island dan Jepang.

Setelah masa kontrak kerja berakhir, Syawirul melanjutkan pendidikan di POLTEKPEL Malahayati, Banda Aceh. Tamat sekolah ia mengikuti tes dan lulus di salah satu perusahaan milik negara PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) BUMN, penempatan di pelabuhan Ulheulee, Banda Aceh. dan sampai sekarang

              Foto M. Yasir, alumni TKPI

Alumni selanjutnya adalah M. Yasir, alumni Teknika Kapal Penangkap Ikan Tahun 2014/2015. Pria kelahiran Ulee Kareung Simpang Mamplam ini juga memilikikisah yang hampir sama dengan syawirul. Tamat dari SMK, Yasir juga kontrak kerja selama 2 tahun di kapal penangkap ikan milik PT AILA Samudera Indonesia, Taiwan.

Setelah kontrak kerja selesai, ia melanjutkan pendidikan di POLTEKPEL Malahayati. Dan selanjutnya Yasir diterima kerja di PT. CTP LINE dengan jabatan sebagai AB (Able Bodied Seaman), yaitu perusahaan kapal yang bergerak di bidang pelayaran, khususnya pengangkutan kontainer

Di akhir pembicaraan, Yasir mengingatkan taruna-taruna yang saat ini masih di SMK Negeri 1 Jeunieb agar teruslah belajar serta tingkatkan keingginan belajar, sehingga sukses kelak akan datang dengan sendirinya. Mari bergabung dengan SMK Negeri 1 Jeunieb

Penulis: Rizki Andisty, S. Si, Ketua Program Keahlian Teknik Kapal Penangkap Ikan (TKPI) SMKN 1 Jeunieb

Posting Komentar untuk "Bangga Menjadi Alumni SMK Negeri 1 Jeunieb"