Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menurut Bu Darmawati, Ini 3 Kiat Sukses Belajar di Sekolah

Sekolah merupakan tempat siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti, dari yang tidak terampil menjadi terampil. Menjadi orang yang sukses dalam belajar adalah impian semua siswa, namun untuk menggapainya seorang siswa harus memiliki usaha dan perjuangan dalam mencapainya. 

Itulah pendahuluan amanat upacara yang disampaikan Darmawati, SP Kepala Bengkel Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Senin (14/11/2022) di halaman SMKN 1 Jeunieb. Menurutnya ada tiga kiat yang dapat dilakukan siswa dalam mencapai kesuksesan di sekolah. 


Yang pertama adalah motivasi. Penting bagi siswa untuk memiliki motivasi diri. Motivasi diri adalah kemampuan untuk mendorong diri sendiri untuk mengambil inisiatif atau melakukan tindakan demi meraih suatu tujuan. Dorongan ini datang dari dalam diri kita sendiri, dan bukan datang dari luar atau orang lain.



Dalam hal ini, kita melakukan usaha, bukan atas keinginan orang lain, melainkan keinginan diri sendiri. Demikian juga, motivasi diri memungkinkan kita untuk mengubah perilaku, mengembangkan potensi, menjadi lebih kreatif, mengembangkan bakat, atau hal-hal positif lainnya

Yang kedua komitmen, adalah suatu janji terhadap diri sendiri dan orang lain. Komitmen belajar adalah sebuah janji untuk melakukan yang terbaik disekolah, mempelajari hal yang baru, mengerjakan tugas, adanya perhatian kepada guru, dan membaca bukan hanya karena merasa harus, akan tetapi karena membutuhkannya.

Dan yang ketiga konsisten. Konsisten dalam belajar itu penting agar bisa mencapai target belajar dengan mudah. Hal ini karena  konsisten dalam belajar bisa membawa pada kemajuan. Dengan menjadi konsisten kita bisa melacak perkembangan dalam memahami materi dan mengajarkan kita untuk lebih disiplin. 

"Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi konsisten dalam belajar adalah dengan mengubah cara pandang terhadap belajar. Jangan memandang belajar sebagai suatu pekerjaan yang berat atau sesuatu yang membosankan, cobalah untuk memandang belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk masa depan kita di kemudian hari", papar Darmawati mengakhiri amanatnya hari ini. 


Penulis Darmawati

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Menurut Bu Darmawati, Ini 3 Kiat Sukses Belajar di Sekolah"