Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

27 Siswa SMKN 1 Jeunieb Pelatihan ke Poltek Pelayaran Malahayati Aceh

Sebanyak 27 taruna SMKN 1 Jeunieb, Minggu (4/12/2022) sore berangkat ke Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh guna mengikuti Pelatihan Basic Safety Training (BST), Advance Fire Fighting (AFF) dan Safety Awareness Training (SAT), Senin (5/12/2022) sampai dua minggu kedepan, Sabtu (17/12/2022). 

Sebelumnya Jum'at (2/12/2022) pihak sekolah telah memanggil orang tua dan siswa yang akan berangkat ke Poltek Pelayaran Aceh di aula SMKN 1 Jeunieb


Setiap peserta wajib tes buta warna sebelum mengikuti kegiatan pelatihan. "Alhamdulillah, hasil tes mereka dinyatakan tidak buta warna", jelas Heri Budiyanto, S.ST selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas. 


Nantinya, peserta di didik dan dilatih oleh tenaga profesional, sehingga peserta siap jika dalam keadaan darurat.


Program pelatihan BST, SAT dan AFF merupakan program yang mengajarkan dasar-dasar pengendalian, keamanan diri apabila bekerja di sebuah kapal, baik itu kapal Ikan, Niaga, maupun Kapal Pesiar.


Konvensi Internasional tentang Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW), mensyaratkan bahwa setiap pelaut harus menjalani “program pengenalan" dan "pelatihan dasar keselamatan" yang meliputi pengetahuan dasar menghadapi kebakaran, pertolongan pertama tingkat dasar, teknik mempertahankan hidup dan keselamatan pribadi,  serta tanggung jawab sosial.  Keselamatan yang berlaku untuk semua kapal pada semua ukuran. 


Apa itu BST?

Basic Safety Training atau yang biasa disingkat BST adalah latihan keselamatan dasar bagi para pelaut pemula yang bertujuan memberikan pembekalan dan pemahaman serta antisipasi apabila suatu saat terjadi kecelakaan atau keadaan darurat di laut sehingga para pelaut dapat menolong dirinya sendiri maupun orang lain dan dapat mengurangi resiko sekecil apapun. 


Advanced Fire Fighting (AFF)

Seorang petugas pemadam kebakaran (juga dikenal sebagai petugas pemadam kebakaran) adalah penyelamat yang ekstensif terlatih dalam pemadam kebakaran, terutama untuk memadamkan api berbahaya yang mengancam properti dan penduduk sipil atau alami, dan untuk menyelamatkan orang-orang dari situasi berbahaya, seperti kendaraan runtuh atau bangunan terbakar atau jatuh. Di beberapa daerah, mereka juga dilatih di Emergency Medical Services (EMS) dan beroperasi ambulans selain menjadi petugas pemadam kebakaran.


Istilah  SAT atau  kepanjangan dari kata Security Awareness Training merupakan sebuah diklat dengan tujuan tertentu. Yakni supaya para peserta diklat mempunyai kesadaran serta keamanan. Untuk itu, persyaratan sertifikat SAT Security Awareness Training cukup diperlukan.


Nantinya  para peserta mampu mengetahui akan sikap anggota organisasi mengenai beberapa hal. Contohnya adalah seperti perlindungan terkait aset fisik, kemudian informasi dan lainnya


Dari segi keselamatan  dalam hal ini juga menyangkut beberapa hal. Yakni keselamatan saat pelaut tengah berlayar ke laut. Maupun keselamatan pelaut saat di Pelabuhan dan tengah melakukan kegiatan bongkar muat. Untuk itu kepemilikan akan sertifikat SAT ini penting bagi pelaut.


Penulis Zahara Farida

Editor Riski Andisty

Posting Komentar untuk "27 Siswa SMKN 1 Jeunieb Pelatihan ke Poltek Pelayaran Malahayati Aceh"