Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Isi Ceramah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Jum'at (2/12/2022) Keluarga besar SMKN 1 Jeunieb melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema “Kiat sukses menjadikan Nabi Muhammad SAW suri tauladan dalam berakhlak mulia”. Ceramah agama disampaikan oleh Tgk. M. Ikhsan M. Jakfar dari Dayah Babussalam Jeunieb. 


Adapun isi ceramahnya antara lain yaitu:

1. Sebagai umat Islam kita harus mengenal Silsilah keturunan dari Baginda Rasulullah Muhammad SAW bin Abdullah bin Abdul Muthallib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Nabi Ilyas AS bin Mudlar bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan.

2. Saat Ka’bah dibangun oleh Nabi Ibrahim untuk melanjutkan proses renovasinya, Ibrahim melakukan pijakan pada batu pertama yang dibawanya. Pijakan batu tersebut adalah yang kini kita ketahui sebagai Maqam Ibrahim. Setelah selesai membangun Ka’bah pada masanya, Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail memanjatkan doa. Jadi, fakta sebenarnya adalah Ka’bah sudah ada sebelum Nabi Ibrahim dan Nabi Adam ya. Nabi Ibrahim hanya membangunnya kembali setelah Ka’bah rusak diterjang banjir. Banyak para ulama yang menafsirkan bahwa sebenarnya Ka’bah dibangun oleh para malaikat, tentu saja semuanya atas kuasa dan izin Allah SWT. Nabi Ibrahim berasal dari Negeri Syam yang sekarang dikenal (Suriya yaitu Negeri Siroyah Lebanon, Palestina dan Yordania.) 


3.Sejarah sa’i di antara Bukit Shafa dan Marwah berawal ketika Siti Hajar berusaha mencari air untuk putranya Ismail yang tengah kehausan. Bukit Shafa dan Bukit Marwah merupakan tempat suci sekaligus bersejarah bagi umat Islam. Kedua bukit tersebut berkaitan erat dengan kisah Nabi Ismail, yang merupakan putra dari Nabi Ibrahim, sang ibu Siti Hajar, serta kemunculan sumur zamzam.

4. Siapa kita sekarang dan masa yang akan datang bukan dipengaruhi oleh latar belakang keluarga akan tetapi tergantung kepada apa yang sedang kita jalankan, persiapkan dan juga visi dan mimpi besar yang ingin kita wujudkan untuk masa yang akan datang dengan cara buat perencanaan Tingkatkan Kompetensi Pendidikan terutama Fardu ain, Kembangkan Ketrampilan atau Skill, Perencanaan Bisnis atau berwirausaha dan program membangun kehidupan berkeluarga.

5. Bagaimanapun kehidupan kita manusia sekarang pasti akan sampai pada titik akhir sebuah kehidupan, maka jangan sibuk mempersiapkan wahana dunia namun persiapkan juga monumen buat kehidupan dialam akhirat yang lebih kekal dan abadi.

Penulis Dahliani

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Ini Isi Ceramah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW"