Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nirwana, Guru SMKN 1 Jeunieb Jadi Guru Tamu di SMK Pusat Keunggulan

Industri fashion semakin menunjukkan perkembangan yang positif di Indonesia. Industri busana merupakan salah satu industri tekstil yang memiliki nilai tambah cukup tinggi serta sebagai salah satu kelompok industri kreatif yang berperan dalam perkembangan perekonomian nasional.  Maka dari itu Pembuatan pola secara manual mengunakan pola dasar yang ada selanjutnya dikembangkan menurut desain sangat dibutuhkan. Pembuatan pola secara digital menggunakan Computer Aided Design (CAD) dengan aplikasi program richpeace diharapkan mampu menambah skill peserta untuk dapat masuk ke dunia industri. 

          Nirwana, S. Pd Ketua Program 
Keahlian Tata Busana SMKN 1 Jeunieb

Berkaca dari alasan tersebut diatas, salah satu guru sekaligus ketua program keahlian Tata Busana SMKN 1 Jeunieb, Nirwana, S. Pd  diundang sebagai Guru Tamu dalam membuat pola dengan menggunakan software CAD Richpeace.  Nirwana, S. Pd akan mengajarkan materi tersebut di SMKN 1 Peusangan yang juga SMK Pusat Keunggulan  di Kabupaten Bireuen selama dua hari (12-13/12/2022). 

"Saya memberikan apresiasi kepada Bu Nirwana, S. Pd, kami bangga dan senang ada guru kami yang dipercaya sekolah lain untuk menjadi guru tamu. Ini membuktikan bahwa guru SMKN 1 Jeunieb juga memiliki kompetensi yang baik sesuai bidang keahliannya", papar Feri Irawan kepsek SMKN 1 Jeunieb. 

Feri juga berharap Ibu Nirwana nantinya dapat menularkan ilmunya kepada guru khususnya jurusan tata busana yang ada di SMK lain. 

Sekedar informasi bahwa Computer Aided Design (CAD) adalah sebuah sistem desain/ rancang bangun menggunakan perangkat komputer dan perangkat lunak desain tertentu, yang memungkinkan para engineer merencanakan, memodelkan, dan mengevaluasi suatu model produk/barang dengan akurat sebelum diproduksi (manufaktur).

Mengapa perlu CAD?

Pertama, proses desain memerlukan waktu yang lama serta menggunakan media kertas yang mudah rusak dan sulit dalam penyimpanan. 

Kedua, proses editing desain pada kertas atau media gambar berarti sama dengan proses gambar ulang yang memakan waktu lama. 

Ketiga, peralatan desain yang diperlukan dalam membuat gambar secara konvesional sangat banyak dan mahal (meja gambar, kalkir, rapido, pensil mekanik, penggaris, dan lain-lain).

Keempat, siklus hidup produk (Product Life Cycle) yang singkat memerlukan waktu desain produk yang cepat untuk dapat bersaing di pasar

Materi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membuat pola dasar melalui aplikasi pola digital richpeace. 

Keterampilan yang diperoleh peserta setah mengikuti pembelajaran ini adalah dapat mendesain pola busana sesuai desain secara digital, dapat memahami fungsi dari ikon/tool yang digunakan dalam membuat pola digital, dapat mempraktikkan pembuatan pola pakaian dengan CAD Richpeace, serta 

dapat menambah skill/keterampilan peserta tentang CAD Richpeace untuk skill dasar menjadi seorang patern maker

Penulis Fodic

Posting Komentar untuk "Nirwana, Guru SMKN 1 Jeunieb Jadi Guru Tamu di SMK Pusat Keunggulan"