Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa Diberikan Reward, Orang Tua Ikut Bangga

Tak terasa, sudah satu semester proses pembelajaran di sekolah berlangsung. Hari ini Sabtu (24/12/2022) adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh siswa dan para orang tua/wali siswa.


Mengapa? Karena hari ini siswa akan dibagikan rapor yang dijadikan tolok ukur seberapa berhasil siswa dalam menyerap pelajaran yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu guru semua di sekolah

Menurut kepala sekolah, pembagian hasil evaluasi belajar ini akan menjadi bahan evaluasi bagi guru agar bisa berbuat yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang.


"Bagi para orang tua, nilai raport bisa dijadikan patokan bagi Bapak/Ibu sekalian terkait keberhasilan anak-anak kita. Jika nilainya baik, maka terus dorong dan beri semangat anak-anak kita agar ia bisa mempertahankan nilai dan lebih-lebih lagi agar bisa lebih baik lagi. Akan tetapi, jika ternyata nilainya tidak memuaskan, maka kami mohon support dar bapak/Ibu sekalian agar lebih intensif lagi memberikan bimbingan dalam proses belajar di rumah. Mohon sempatkanlah waktu khusus untuk memperhatikan belajar anak di rumah," papar kepsek saat memberikan arahan kepada wali siswa. 


Masih menurut kepsek, masih ada beberapa siswa yang belum mau mengikuti pembelajaran dengan aktif, berkesan malas, lebih suka bermain game, dan kurang menyadari pentingnya Pendidikan untuk masa depan. Ada juga yang suka menunda-nunda tugas, menumpuk tugas yang akhirnya akan memberatkan kita sendiri. Apabila tugas yang diberikan oleh guru langsung dikerjakan maka tentu akan lebih nyaman dan hasilnya tentu lebih baik dari pada banyak tugas dikerjakan dalam satu waktu. Ingat, anak-anakku apa yang enggan dikerjakan saat ini yang ada bukan besuk semakin ringan tetapi justru semakin enggan dan berat, dan praktis hasilnyapun tidak bisa maksimal.

Berikan Reward

Sebelum Pembagian rapor, kepsek Feri Irawan, S. Si. M. Pd memberikan apresiasi berupa reward dan sertifikat bagi siswa berprestasi yang memiliki nilai rapor tertinggi tiap tingkatan tahun pelajaran 2022/2023.

Menurut kepsek, tujuan pemberian reward pada siswa untuk mendidik mereka dan membuat mereka senang atas perbuatan atau pekerjaan yang dilakukan. Selain reward juga dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memperbaiki atau meningkatkan prestasi yang telah dicapai. Dengan kata lain, guru memberikan reward untuk membentuk kemauan siswa yang lebih keras.

Penulis Fodic

Editor Fodic

1 komentar untuk "Siswa Diberikan Reward, Orang Tua Ikut Bangga "