Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa SMKN 1 Jeunieb Belajar Table Manner di Hotel Berbintang

Etika makan yang umum diterapkan saat acara jamuan resmi/formal atau yang biasa disebut sebagai table manner merupakan pengetahuan atau keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh siswa Jurusan Perhotelan SMKN 1 Jeunieb. 

Untuk membekali siswa etika dan tata cara jamuan makan formal, Jurusan Perhotelan SMKN 1 Jeunieb belajar table manner di Hotel berbintang 5 Hermes Palace Hotel Banda Aceh. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (20/12/2022), mulai pukul 09.00 s.d. pukul 14.00 WIB. Selain dihadiri para siswa Jurusan Perhotelan,  juga turut hadir para Wakil kepala sekolah, serta guru-guru Jurusan Perhotelan SMKN 1 Jeunieb.

Kegiatan table manner di Hermes Palace Hotel berjalan dengan lancar dan sukses. Sesampainya di sana siswa diajak untuk melakukan observasi hotel terlebih dahulu, kemudian diberi pemaparan materi table manner oleh General Manajer Hotel Budi Syaiful, mulai dari bagaimana menyantap makanan pembuka hingga ke santapan penutup. Semua siswa juga dibuat lebih bergembira dengan mendapatkan reward setelah berhasil memenangkan sebuah game yang berhubungan dengan materi table manner.

Maryani, S. ST. Par Ketua Jurusan Perhotelan mengatakan, siswa perhotelan perlu mendapatkan pengalaman kunjungan hotel dan pengetahuan tata cara makan formal.

"Siswa akan mendapatkan pengalaman jamuan makan formal, mulai dari appetizer hingga dessert, termasuk bagaimana cara menyajikan makanan tersebut dengan kelengkapan dan table setting-nya,” ujar Maryani.

Secara terpisah, menurut Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, S. Si.,M.Pd, melalui kegiatan ini, siswa Jurusan Perhotelan SMKN 1 Jeunieb dapat belajar melalui pengalaman langsung dari dunia industri, sehingga diharapkan memiliki pemahaman yang lebih baik dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata serta pada ruang lingkup yang lebih luas untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi, serta dapat menunjang kesuksesan mereka ke depannya. 

“Mulai tata cara makan yang mengatur cara duduk, cara penggunaan peralatan makan, dan etika saat makan. Penerapan Table Manner ini diharapkan bisa menunjukkan sikap yang indah selama perjamuan makan berlangsung, semua ada aturannya,” jelas Feri. 

Sekedar informasi, Table Manner atau etika makan adalah suatu aturan tersendiri dalam sebuah jamuan makan yang terdiri dari beberapa tahap menu yang dihidangkan bergantian dari mulai makanan pembuka (appetizer) sampai pada tahap penutup (dessert). Adapun fungsi utama dari table manner adalah untuk mengajarkan sopan santun khususnya saat makan di meja makan dengan mengikuti instruksi sesuai standar yang telah menjadi patokan secara universal, yang di dalamnya juga mencakup tentang bagaimana cara menggunakan beberapa peralatan yang ada pada meja makan.


Penulis Maryani

Editor Fodic

1 komentar untuk "Siswa SMKN 1 Jeunieb Belajar Table Manner di Hotel Berbintang"