Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tim Manajemen SMKN 1 Jeunieb Ikuti Bimtek Penyusunan RKAS

BIREUEN- Selama 2 (dua) hari, Jum’at-Sabtu (16-17/12/2022) Perwakilan Tim Pengembang Sekolah (TPS) dan Tim Manajemen BOS SMKN 1 Jeunieb, Zulfadhlurrazi, S. Pi, Maimun, S. Pd.I, dan Dodi Zul fahmi, S. Pd dalam mengikuti Bimtek Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS). Kegiatan yang dilaksanakan oleh MKKS SMK secara luring di Aula SMKN 1 Bireuen dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen, Abdul Hamid, S.Pd.,M.Pd, Jum’at (16/12/2022) pagi.


Dalam sambutannya, Hamid menyampaikan Rapor pendidikan merupakan salah satu episode merdeka belajar yang digulirkan oleh pemerintah melalui Kemdikbud ristek. Harapannya melalui rapor pendidikan ini sekolah mempunyai data dalam merancang kegiatan terutama dalam RKAS.


“Rapor pendidikan dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan refleksi dan evaluasi bersama guru di sekolah, untuk kemudian digunakan sebagai dasar Perencanaan Berbasis Data (PBD),” jelas Hamid.

M. Yusuf, S.Pd selaku Ketua MKKS SMK Kabupaten Bireuen, menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar perencanaan yang ada di sekolah berbasis data dan bukan hanya berdasarkan keinginan sesaat kepala sekolah tanpa ada analisis menggunakan data yang valid terlebih dahulu

Bimtek penyusunan RKAS ini menghadirkan pemateri atau narasumber Badan Akeditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Aceh Ibu Dra. Siti Wahidah, M. Pd, yang juga Anggota Tim TeFa Disdik Aceh. 


Dalam kesempatan itu, Siti Wahidah dalam memberikan materinya mengajak pemangku kepentingan Sekolah untuk mengevaluasi rapor mutu dengan kondisi riil, yaitu dengan melakukan pengamatan, melihat data dan saling berdiskusi untuk menyimpulkan  akar masalah berdasarkan analisis bersama untuk selanjutnya dituangkan dalam RKAS. 


Penulis Fadhlurrazi

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Tim Manajemen SMKN 1 Jeunieb Ikuti Bimtek Penyusunan RKAS"