Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelar Upacara Perdana di Awal Semester, Ini Pesan Kepsek

 JEUNIEB-Pembiasaan karakter disiplin melalui upacara bendera setiap Senin pada awal semester Genap 2022/2023 berlanjut kembali. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera Senin (9/1/23) pagi di halaman SMKN 1 Jeunieb. Sekolah kembali menggelar upacara bendera perdana. Sebagai pembina Upacara hari ini, Feri Irawan, S. Si.,M.Pd yang juga kepala sekolah menyampaikan pesan agar setiap siswa hendaknya paham apa yang menjadi hak, kewajiban dan tanggung jawabnya di sekolah supaya kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. 

"Jadilah siswa yang benar bukan siswa jadi-jadian", jelas Feri dalam amanatnya. 

Menurutnya, jika tanggung jawab sebagai seorang siswa sudah bisa berjalan dengan baik didukung oleh guru dan staf di sekolah maka lingkungan akan menjadi kondusif untuk belajar sehingga siswa akan mampu berprestasi secara maksimal. 

Bicara tentang apa saja yang menjadi tanggung jawab siswa saat berada di lingkungan sekolah bukan hanya hal-hal yang terkait langsung dengan pelajaran saja. Tanggung jawab seorang siswa di sekolah dimulai dari hal yang paling kecil hingga ke masalah yang besar. Jadi memang hendaknya rasa tanggung jawab tersebut ditanamkan dan dipupuk sejak awal masuk sekolah.


Beberapa contoh dari tanggung jawab siswa saat di sekolah, diantaranya datang ke sekolah tepat waktu. Rasa tanggung jawab sebagai seorang siswa bisa ditunjukkan dengan cara yang sangat sederhana yaitu selalu datang tepat waktu ke sekolah. Siswa yang tidak pernah datang terlambat sudah menunjukkan kalau dirinya memiliki rasa tanggung jawab yang besar pada kewajiban dan tugas untuk menuntut ilmu demi masa depannya.



Berikutnya mengerjakan semua tugas yang diberikan. 

Seorang siswa yang selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru sesuai jadwal yang ditetapkan juga menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar. Siswa seperti ini menyadari sepenuhnya bahwa semua tugas-tugas yang diberikan tersebut adalah bagian dari masa depan mereka nantinya.

Kemudian mengerjakan semua tugas dengan tekun merupakan jalan awal untuk meraih prestasi akademis yang terbaik. Siswa yang berhasil mendapatkan prestasi akademik yang bagus tentunya akan lebih mudah mewujudkan cita-citanya.

Selanjutnya, memakai baju seragam sesuai oeraturan. Setiap sekolah memiliki peraturan tersendiri mengenai pakaian seragam yang dikenakan siswa lengkap dengan atributnya. Nah, memakai baju seragam yang sesuai dengan peraturan dan jadwal yang ditetapkan oleh sekolah juga menjadi bagian dari tanggung jawab siswa di sekolah. 

Pesan terakhir, supaya siswa tidak meninggalkan kelas saat pelajaran. Di berita sering kita dengar ada tawuran pelajar yang terjadi pada saat jam pelajaran. Siswa yang memiliki rasa tanggung jawab dalam menuntut ilmu tidak akan meninggalkan kelas pada saat jam pelajaran kecuali ada alasan yang sangat penting seperti sakit misalnya. Mengikuti jam pelajaran di dalam kelas sesuai dengan jadwal merupakan tanggung jawab siswa dalam meraih masa depan yang baik.

Demikian arahan pembina upacara hari ini. Semoga pesan-pesan yang disampaikan tadi pagi menjadi refleksi bagi warga SMKN 1 Jeunieb. 


Penulis Saufaziah

Editor Riski Andisty

Posting Komentar untuk "Gelar Upacara Perdana di Awal Semester, Ini Pesan Kepsek "