Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru Wajib "Berpolitik"

Apakah guru boleh berpolitik? Menurut saya, jawabannya ya. Saya berpendapat bahwa pada dasarnya justru guru wajib berpolitik, tetapi maksud politik disini bukan dalam konteks politik praktis atau aktivitas politik untuk mencapai kekuasaan, tetapi politik pendidikan dan politik perjuangan. 

Sebagai insan pendidik, guru harus pandai mengelola pembelajaran dan mencari strategi pembelajaran yang efektif. Setiap hari, guru pun tidak akan luput dari pengambilan keputusan, antara lain keputusan untuk menentukan bahan dan sumber bahan ajar, menentukan metode dan media untuk mencapai tujuan pembelajaran, serta menentukan jenis dan bentuk instrumen untuk mengukur hasil belajar peserta didik. 

Selain itu, guru dituntut untuk mengambil keputusan dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar atau siswa yang memiliki masalah disiplin. Guru yang berpolitik akan menjelma menjadi guru yang kreatif, inovatif, dan “out of the box”.

Model guru seperti inilah yang saat ini dibutuhkan oleh dunia pendidikan di tengah semakin ketatnya persaingan dan semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan. Bagaimana pendapat Anda? 

Cang Panah,Warung Kopi Arsya

Jeunieb, 29 Januari 2023

Penulis Feri Irawan

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Guru Wajib "Berpolitik""