Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Azman, Siswa SMKN 1 Jeunieb Berhasil Merakit Remote Alarm Control Motor


Mungkin kita memiliki perasaan was-was saat memarkir kendaraan sepeda motor di tempat parkiran umum, hal itu wajar mengingat angka kriminal tindakan pencurian sepeda motor meningkat tiap tahun.

Namun, hal inilah yang membuat Azman siswa kelas X SMK Negeri 1 Jeunieb Kabupaten Bireuen yang juga anak piatu menjadi lebih kreatif.

Diceritakan Azman, berawal dari pengamatannya terhadap sepeda motor baru ayahnya, dia berpikir bagaimana sepeda motor juga memiliki remot alarm control.

"Keinginannya saya semakin tinggi ketika menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Jeunieb dengan mendapatkan pengetahuan kelistrikan dari mata pelajaran kelistrikan," ujarnya.

Azman menjelaskan, remote alarm control rakitannya ini selain bisa memberi tanda bahaya juga berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan sepeda motor tanpa perlu kunci starter dari jarak jarak 20 meter.

"Bahkan kunci akan mengalami disfungsi saat mesin motor di hidupkan dengar remote alamr control," ucapnya.

Ditambahkannya, remote control miliknya memiliki 8 kabel yang berfungsi kabel merah positif aki dan yang hitam ke masa motor atau badan.

Kemudian kabel orenge ke keluaran kontak dan kabel biru ke  tombol starter dan yang kuning ke lampu sein kiri kanan dan kabel.

"Saya berjanji akan terus meningkatkan kemampuan skill karena selain belajar di sekolah, juga mendapatkan dukungan dari guru dan teman temannya," ungkap Azman.

Sementara Kepala SMK Negeri 1 Jeunieb, Feri Irawan menyampaikan, Azman merupakan salah seorang siswa yang kreatif bisa memodifikasi motornya dengan memasang remote alarm control.

"Bakat Azman di bidang kelistrikan harus mendapat dukungan dari sekolah, bukan saja dia namun bagi seluruh siswa yang kreatif dan berbakat," kata Feri.

Dikatakannya, berkat motivasi wali kelas X TKR Irfandi dan Ketua program keahlian teknik otomotif Dodi Zulfahmi serta bimbingan guru kelistrikan Iskandar sehingga Azman mampu menciotakan remote alarm control.

Penulis Irfan di

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Azman, Siswa SMKN 1 Jeunieb Berhasil Merakit Remote Alarm Control Motor"