Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Busana Pengantin Karya Siswa SMKN 1 Jeunieb Siap Bersaing

Jika melihat hasil kreasi tata busana yang dihasilkan saat ini, para siswa SMKN 1 Jeunieb jurusan tata busana (TB) patut berbangga. Pasalnya, jurusan andalan sekolah ini baru saja berhasil menyelesaikan busana pengantin yang tidak kalah bersaing dengan perancang busana lainnya. 


Seperti hari ini, Senin (13/2), tim humas SMKN 1 Jeunieb berkesempatan untuk melihat kreasi busana tersebut di ruang praktik dengan ditemani lansung guru pembimbing Nurhidayati, S. Pd. Satu persatu hasil kreasi busana para siswa ini ditunjukkan oleh Nurhidayati sambil menjelaskan bahan dasar yang digunakan serta waktu proses pembuatan.

Kata Nurhidayati, butuh waktu satu bulan untuk menyelesaikan satu busana. Karena menurutnya, bagian tersulit saat proses pembuatan adalah pada saat memasang borci.

”Paling sulit pasang borci, anak-anak harus fokus dan memerlukan kesabaran. Karena ukuranya juga sangat kecil. Kalau untuk baju batik biasa hanya memerlukan tiga hari,” terangnya.

Tidak hanya sekadar memproduksi, ia dan para siswa lainnya juga menerima orderan dari luar sekolah. ”Kita membagi para siswa menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok bisanya terdiri dari empat orang. Ini kita lakukan supaya lebih mudah dikontrol pada saat proses pengerjaan,” tuturnya.

Dikatakan wanita yang disapa Nanda ini, proses pengerjaan terkendala dengan adanya tugas sekolah pelajaran lainnya. Hal tersebut membuat para siswa tidak bisa mengatur waktu sehingga proses pengerjaan sedikit terkendala. 

”Kita tidak bisa memberikan target kepada siswa. Disisi lain mereka juga punya tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sekolah lainnya,” ujar wanita murah senyum ini.

Sementara itu, Waka Humas SMKN 1 Jeunieb Heri Budiyanto, S.ST mengungkapkan jika dirinya sangat bangga dengan kemajuan yang ditunjukkan oleh para siswa jurusan tata busana. ”Kita memliki harapan yang besar terhadap jurusan tata busana untuk membuat terobosan-terobosan baru. Kita mengharapkan delapan jurusan di SMKN 1 Jeunieb bisa bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik disekolah,” pungkasnya


Penulis Fodic

Editor Zulfadhlurrazi




1 komentar untuk "Busana Pengantin Karya Siswa SMKN 1 Jeunieb Siap Bersaing"

  1. Jurusan busana merupakan jurusan yang sangat menjanjikan (income) baik segi lapangan kerja ataupun mendirikan usaha sendiri dimana usahanya tidak memerlukan banyak modal dan bisa di pasarkan melalui medsos

    BalasHapus