Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melatih Percaya Diri Melalui Kegiatan Sosialisasi


SMKN 1 Jeunieb memiliki tanggung jawab terhadap sosialisasi pembelajaran SMK terhadap para siswa SMP khususnya kelas IX yang akan melaksanakan seleksi PPDB ke SMK/SMA/SLB pada tahun 2023. Hal ini bertujuan agar siswa SMP memperoleh pemahaman yang komprehensif terhadap pola pembelajaran SMK saat ini yang sudah sangat berkembang baik dari segi program maupun pengembangan lainnya. 

“Sebagai salah satu SMK Kemaritiman dan Kelautan dan juga calon SMK BLUD di Aceh, tentunya harus memberikan pemahaman kepada para calon peserta didik jenjang baru SMK agar tidak asal memilih sekolah tetapi harus memahami bahwa pola pembelajaran di SMK tentunya berbeda dengan jenjang sekolah lain yang sederajat’, jelas Kepala SMKN 1 Jeunieb, Feri Irawan, S.Si.,M.Pd kepada media ini. 

Dalam sosialisasi kami memperkenalkan jurusan-jurusan yang ada di SMKN 1 Jeunieb beserta keunggulannya yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Agribisnis Perikanan Air Tawar, Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknika Kapal Penangkap Ikan, Teknik Pemesinan, Tata Busana, dan Perhotelan.

Menurut Feri, sosialisasi hari pertama dilaksanakan di SMPN 1 Jeunieb, Senin (6/2/2023), terhadap kurang lebih 300 siswa yang dimiliki sekolah ini. “Yang menjadi target sosialisasi seanjutnya adalah siswa SMP sederajat yang berada di empat kecamatan, yaitu Plimbang, Jeunieb, Pandrah, dan Simpang Mamplam’, paparnya. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan SMKN 1 Jeunieb kepada siswa SMP khususnya yang berada di kelas IX. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar siswa SMP memiliki pengetahuan tentang pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi khususnya di SMKN 1 Jeunieb. Siswa yang bertugas untuk bersosialiasi pun memiliki kesempatan untuk bersilaturahmi dengan adik-adik kelasnya.


Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan siswa SMP bisa memilih SMKN 1 Jeunieb sebagai salah satu sekolah untuk belajar dan meraih prestasi yang diinginkan. Sehingga harapannya, lebih banyak siswa mendaftar ke sekolah ini, serta banyak orang tua yang mendorong anaknya menimba ilmu di SMKN 1 Jeunieb.

Zakiah, S.Pd selaku pembina klub Jurnalistik sekolah menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini menjadi sarana latihan untuk siswa yang tergabung dalam klub tersebut. Zakiah yakin bahwa keterampilan berbicara bisa dimiliki jika hal tersebut terus diasah. Oleh sebab itu, kegiatan sosialisasi ini menjadi kegiatan yang sangat sesuai bagi anak-anak anggota klub.  Selain dilatih berbicara, kepercayaan diri mereka pun akan terlatih saat melaksanakan sosialisasi.

Siswa yang bertugas  memperkenalkan SMKN 1 Jeunieb melakukan sosialisasi dengan cara yang seru, asyik, dan menyenangkan. Hal ini membuat anak-anak tidak merasa bosan selama kegiatan sosialisasi. Siswa SMP yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini sangat antusias dalam mendengarkan materi yang dijelaskan. Selain itu, mereka juga aktif dalam bertanya. Hal ini menandakan bahwa sosialisasi yang disampaikan sangat menarik dan disampaikan juga secara menarik dan percaya diri oleh siswa SMKN 1 Jeunieb.

Selain menyampaikan informasi secara langsung dan melalui brosur, Tim sosialisasi SMKN 1 Jeunieb juga melakukan survei peminatan calon peserta didik melalui aplikasi google form. Survei dilakukan guna mengetahui jurusan apa yang diminati oleh calon peserta didik yang akan melanjutkan pendidikannya di SMKN 1 Jeunieb


Penulis Fodic

Editor Zulfadhlurrazi

Posting Komentar untuk "Melatih Percaya Diri Melalui Kegiatan Sosialisasi"