Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk Abon Ikan Tongkol SMKN 1 Jeunieb Siap Dipasarkan

Abon merupakan salah satu produk olahan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas dan umumnya abon diolah dari daging sapi. Selain daging sapi, ikan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan abon. 

Abon ikan adalah produk olahan hasil perikanan yang dibuat dari daging ikan, melalui kombinasi dari proses penggilingan, penggorengan, pengeringan dengan cara menggoreng, serta penambahan bahan pembantu dan bahan penyedap terhadap daging ikan.

Seperti halnya produk abon yang terbuat dari daging ternak, abon ikan cocok pula dikonsumsi sebagai pelengkap makan roti ataupun sebagai lauk-pauk. Salah satu jenis ikan yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan abon adalah ikan tongkol.

Abon tongkol SMKN 1 Jeunieb merupakan produk internal dari unit usaha produksi SMKN 1 Jeunieb yang mempunyai karakter berbeda dengan produk abon yang telah beredar di masyarakat selama ini. 

Selain yang terbuat dari ikan tongkol segar yang telah diproses secara hieginis, usaha yang dikembangkan sebagai media pembelajaran siswa, khususnya dalam bidang kewirausahaan. 

“Rasa yang lezat dan gurih dari produksi LeFroz yang sebelumnya telah kami buat, kini kami mencoba membuat produk lama versi baru, yaitu abon ikan tongkol", jelas Idayana, S. Pt yang juga Ketua Program Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) SMKN 1 Jeunieb. 

Idayana mengatakan, Abon daging sampai saat ini sudah mampu di kenal sama masyarakat sekitar sehingga kami mencoba untuk membuat kreasi baru dengan berbahan dasar yang baru berupa ikan tongkol tentunya rasanya sama lezatnya seperti abon daging.

Cara pembuatan

Proses produksi abon ikan tongkol relatif sederhana dan mudah dilakukan. Secara umum, proses produksi abon ikan, mulai dari tahap pengadaan bahan baku ikan sampai tahap pengemasan abon ikan tongkol, adalah sebagai berikut :

1. Pengadaan Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan adalah ikan tongkol yang masih utuh dan segar, untuk selanjutnya dilakukan proses penyiangan.

2. Penyiangan Bahan baku

Pada proses penyiangan yaitu pemotongan ikan dan pencucian daging ikan, maka bagian kepala dan isi perut ikan dibuang. Daging ikan hasil tahap penyiangan sebaiknya direndam dalam air yang dicampur dengan air cuka. Kadar air cuka yang dipakai adalah ±2%. Ini dilakukan untuk membuat bau amis hilang.

3. Pengukusan

Potongan ikan yang telah direndam dalam air cuka kemudian disusun ke dalam panci besar  dan direbus selama 30 – 60 menit. Proses pengukusan akan dihentikan setelah daging ikan menjadi lunak. Selama proses pengukusan tersebut juga ditambahkan daun salam dan garam rebus. 

4. Pencabikan I

Ikan yang telah kukus, kemudian dilakukan proses pencabikan sampai menjadi serat.-serat. Proses ini bisa dilakukan dengan tangan atau dengan mesin pencabik (giling).

5. Pemberian Bumbu dan Santan

Pada tahap ini, serat-serat daging hasil pencabikan ditambahkan bahan-bahan pembantu (bumbu-bumbu). Bumbu-bumbu yang ditambahkan terdiri dari : bawang putih, ketumbar, lengkuas yang telah diparut dengan mesin parutan, gula pasir, garam dapur dan santan kelapa.

6. Penggorengan

Setelah bumbu-bumbu tercampur secara merata dalam serat-serat daging ikan, kemudian dilakukan penggorengan ±60 menit. Selama proses penggorengan, secara terus menerus dilakukan pengadukan agar abon ikan yang dihasilkan matang secara merata dan bumbubumbu dapat meresap dengan baik. Tahap penggorengan ini akan dihentikan setelah seratserat daging yang digoreng sudah berwarna kuning kecoklatan.

7. Pengepresan II

Tahap produksi berikutnya adalah pengepresan kembali serat-serat daging ikan yang telah digoreng. Proses pengepresan tahap ini bertujuan untuk mengurangi kadar minyak pasca proses penggorengan

8. Pengemasan

Pada tahap akhir produksi dilakukan pengemasan abon ikan. Jika pengemasan tidak langsung dilakukan, maka produk abon ikan akan disimpan terlebih dahulu dalam kantung plastik besar (blong) di gudang penyimpanan, sebelum dilakukan pengemasan

Abon Ikan Tongkol buatan siswa APAT ini dijual dengan harga 20.000 dengan berat 250 gram. Bagi yang berminat silahkan hubungi +6285249176903.

Penulis Fodic

Editor zulfadhlurrazi

Posting Komentar untuk "Produk Abon Ikan Tongkol SMKN 1 Jeunieb Siap Dipasarkan "