Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Terima Siswa Baru TP. 2023/2024, Ini Prestasi Tahun Sebelumnya.

Link Pendaftaran

http://gg.gg/Link-Pendaftaran-PPDB-2023-SMK-Negeri-1-Jeunieb

SMKN 1 Jeunieb merupakan salah satu sekolah kejuruan yang menyabet sejumlah prestasi di tahun 2022. Salah satu prestasi yang ditorehkan oleh SMKN 1 Jeunieb adalah Helmiza, A. Md (laboran) menjadi juara 2 lomba laboran SMK berprestasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh pada Tahun 2022 

Selain menjuarai lomba laboran SMK berprestasi, Feri mengaku, seorang guru atas nama Tuti Alawiyah, S. Pi (Guru Agribisnis Perikanan Air Tawar) berhasil meraih Juara 1 Lomba Guru SMK Berprestasi tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2022 dan mewakili Bireuen ke tingkat provinsi. 

Selanjutnya, tiga orang siswa SMKN 1 Jeunieb juga mewakili Kabupaten Bireuen ke tingkat Provinsi Aceh Tahun 2022 dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang lomba Nautica atas nama M. Maulia Aqif, dan Restaurant Service atas nama Nailul Ilmi. Selanjutnya, satu orang siswa atas nama Raudhatul Jannah mewakili Kabupaten Bireuen dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke tingkat provinsi. 


Prestasi lain kata Feri SMKN 1 Jeunieb meraih juara 2 lomba Tata Upacara Sekolah (TUS) tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2022 untuk kategori pemimpin upacara atas nama T. Ilham Firmansyah. Dan Raudhatul Jannah Juara 2 Kategori Putri Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA/SMK Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2022. 


Sementara, untuk SNMPTN 2022 berhasil meluluskan tiga orang siswa atas nama Cut Yusrahayati (Universitas Syiah Kuala), Ariansyah dan Faizzatun, keduanya lulus di Universitas Malikussaleh. 

Penerimaan Peserta Didik Baru

Feri menjelaskan, pada tahun pelajaran 2023/2024, SMKN 1 Jeunieb membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tamatan SMP atau sederajat untuk delapan konsentrasi keahlian. Kedelapan konsentrasi keahlian itu diantaranya Nautika Kapal Penangkap Ikan (KNPI), Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), Agribisnis Pengolahan Air Tawar (APAT), Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Teknik Pemesinan (TP), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Tata Busana (TB), dan Perhotelan. 

Menurut Feri, ada empat bidang keahlian yang diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo untuk dikembangkan di sekolah kejuruan atau vokasi. Keempat kejuruan bidang itu diantaranya, bidang pertanian, pariwisata, kemaritiman, dan industri kreatif.

" SMKN 1 Jeunieb memiliki jurusan yang dapat dikembangkan untuk keempat bidang diatas. Karena itu, tamatan kita tidak hanya memiliki pengetahuan teroritis, tetapi juga keterampilan atau skil yang dapat diandalkan setelah tamat," ujarnya. 

Feri menjelaskan, sekolah di SMKN 1 Jeunieb bukan berarti tidak dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi seperti kuliah. Namun sekolah di SMKN 1 Jeunieb diharapkan dapat bekerja baik itu bekerja secara mandiri maupun bekerja di perusahaan.

Sebagai bukti bahwa tahun 2022, sebanyak empat tamatan diterima bekerja di kapal penangkap ikan luar negeri (Taiwan), lima orang diterima kerja di Grand Arabia Hotel Banda Aceh.




Kerja Sama dengan Institusi Lain

Ia mengharapkan, kepada seluruh masyarakat tidak usah ragu karena tamatan dari SMKN 1 Jeunieb rata-rata sudah bekerja baik bekerja secara mandiri maupun bekerja di pemerintahan dan swasta. Hal itu karena ada banyak institusi pasangan yang bekerja sama dengan SMKN 1 Jeunieb. 








Beberapa institusi yang telah melakukan kerja sama dengan SMKN 1 Jeunieb jelas Feri, antara lain, PT. Diana Service Tanggerang, PT. Ayla Jakarta, Hermes Palace Hotel, Grand Arabia Hotel, Luxury Hotel, PT. PIM, PT. Top Benur, Esemka, dan beberapa Dunia Usaha dan dunia industri (DUDI) yang ada di seputaran Kabupaten Bireuen.

Semua DUDI yang disebutkan diatas sudah teken MoU dengan SMKN 1 Jeunien. Kerja sama ini terutama dibidang pengembangan penyelarasan kurikulum dan praktik kerja lapangan siswa" ucap Feri Irawan, yang juga Guru Pamong PPG Daljab Umuslim ini.

Model Pembelajaran dengan Sistem Blok

Dalam hal proses belajar mengajar, jelas Feri, SMKN 1 Jeunieb menerapkan, model pembelajaran dengan sistem blok yakni satu minggu full mata pelajaran kejuruan. Setelah itu, minggu berikutnya siswa diberikan mata pelajaran normatif atau adaptif seperti agama, matematika, bahasa indonesia dan lain-lain.

Feri menjelaskan, SMKN 1 Jeunieb telah menerapkan model pembelajaran blok sejak tahun lalu. Pembelajaran ini berbasis industri dengan menerapkan model pembelajaran teaching factory. Artinya, model pembelajaran yang diterapkan pada masa pelajaran produktif mengadopsi budaya kerja atau produser yang berlaku di industri dan perusahaan. 















Beberapa produk dan jasa unggulan, antara lain Pukat Gill Net, Produk Kerajinan Pengelasan (rak sepatu, rak bunga), pembesaran lele, bandeng fresto, Edutel Jeunieb Raya, Room Meeting Seulanga, service ringan mobil, es rumput laut, bakso ikan fishy, nuget ayam sipetok, LeFroz, es rumput laut, dan pembuatan engsel pintu.

Penulis Fodic

Editor zulfadhlurrazi

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Terima Siswa Baru TP. 2023/2024, Ini Prestasi Tahun Sebelumnya. "