Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KONTRIBUSI SMK NEGERI 1 JEUNIEB MEMPERINGATI HARI LAUT SEDUNIA DI BIDANG PENDIDIKAN

Tahukah anda bahwa hari ini, Kamis 8 Juni 2023, adalah hari bersejarah di seluruh dunia ? Kebanyakan kita tidak tahu bahwa seluruh warga dunia meperingati hari ini sebagai Hari Laut Sedunia. Berikut sekilas ceita tentang bagaimana lahirnya Hari Laut Sedunia.

Setiap tanggal 8 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Laut Sedunia dan pertama kali dideklarasikan di Rio de Jeneiro, 8 Juni 1992. Kala itu ada forum global yang membahas tentang lingkungan. Deklarasi tersebut terinspirasi oleh acara yang diselenggarakan pada hari itu juga oleh Oceans Institute of Canada dan didukung oleh pemerintah Kanada. 

Gambar 1 Pelaksanaan upacara bendera sebagai wujud karakter cinta tanah air

Pada tahun 2008 ditetapkan tanggal 8 Juni oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai “Hari Laut Sedunia”. Tujuan adanya hari ini untuk mengingatkan pentingnya mengatasi laut sebagai bagian dari kehidupan manusia dan alam yang tidak dapat dipisahkan.

Peringatan Internasional Hari Laut Sedunia mencakup pemenuhan pesan tahunan oleh Sekretasi Jenderal PBB yang membahas tentang tantangan yang dihadapi oleh lautan dan ekosistem laut. Berdasarkan keterangan PBB, Hari Laut Sedunia 2023 kali ini memiliki tema “Planet Ocean : Tides are Changing” atau “Planet Samudra : Pasang Surut Berubah”

Laut mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia, diantaranya :

1. Sumber oksigen (O2) bagi makhluk hidup

2. Menyerap karbon dioksida (CO2)

3 Sumber bahan pangan

4. Transportasi

5. Mata uang

6. Rekreasi 

7. Sumber bahan obat -obatan  

8. Bahkan sebagai pemersatu dan pemisah suatu bangsa

Indonesia termasuk kategori negara maritim. Sehingga laut memiliki peran yang sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai negara yang dua pertiga wilayahnya adalah perairan, Indonesia memiliki potensi maritim yang sangat besar. Negara tercinta kita ini memiliki biota laut yang kaya dan indah, serta perairan yang luas dan strategis. Tak heran, kalau kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK bidang kemaritiman adalah yang terbesar yaitu sekitar 3 juta orang. Namun ironisnya, lulusan SMK kemaritiman termasuk sedikit, hanya sekitar 17 ribuan di tahun 2016. Artinya peluang kerja lulusan ini sangatlah besar.

SMK Negeri 1 Jeunieb merupakan satu-satunya SMK di kabupaten Bireuen yang memiliki bidang keahlian Kemaritiman dengan program keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan (NKPI) dan Teknika Kapal Penangkapan Ikan (TKPI). Para taruna (sebutan untuk siswa) dididik dan berdasarkan disiplin ilmu yang sesuai dengan program keahliannya masing-masing. 

Gambar 2. Taruna TKPI sedang mengoperasikan alat Basic Electro Pneumatic System

Disiplin ilmu TKPI memiliki sikap mental dan disiplin yang tinggi, memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan teknik di bidang pengoperasian, perawatan dan perbaikan mesin kapal penangkapan ikan.

Jurusan TKPI membekali tarunanya dengan pengetahuan, keterampilan dan karakter agar kompeten dalam bidang :

1. melakukan pekerjaan sebagai operator / perwira / teknisi mesin kapal penangkap ikan

2. berwirausaha di bidang mesin kapal, kelistrikan kapal, mesin refrigasi dan perbengkelan 

3. serta berwirausaha dalam sektor pendukung penangkapan ikan dan hasil tangkap ikan

SMK Negeri 1 Jeunieb juga berupaya untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran serta menjaga kelestarian ekosistem wilayah pesisir dan laut yang merupakan habitat penting berbagai sumber daya hayati, terutama sumber daya perikanan sebagai sumber pangan dan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat pesisisir. Sehingga diharapkan akan muncul generasi bangsa yang cinta laut serta menjaga kelestarian ekosistem laut

Penulis Rizki Adisty, S.Si

Redaktur Heri Budiyanto, S.ST

Posting Komentar untuk "KONTRIBUSI SMK NEGERI 1 JEUNIEB MEMPERINGATI HARI LAUT SEDUNIA DI BIDANG PENDIDIKAN"