Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengawas Pembina SMKN 1 Jeunieb Pantau Langsung Pelaksanaan ANBK

Selama dua hari (28-29 Agustus 2023) SMKN 1 Jeunieb menyelenggarakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). 


Tidak heran jika even evaluasi berskala nasional itu mendapat perhatian serius dari Muslim, M.Pd., pengawas Pembina SMK Kabupaten Bireuen. 

Saat mengunjungi sekaligus memantau pelaksanaan ANBK di SMKN 1 Jeunieb, mantan Kepala SMKN 1 Bireuen itu memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para-para yang terlibat di ANBK sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar

Pelaksanaan ANBK 2023 ini memakai ruangan Laboratorium Komputer SMKN 1 Bireuen. Peserta ANBK yang berjumlah 45 (peserta utama) dan 5 (peserta cadangan) ditentukan langsung oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar). 


Hari pertama, siswa mengerjakan materi literasi. Soal dibagi dalam 3 bentuk yaitu subtes 1 latihan selama 10 menit, subtes 2 materi literasi selama 90 menit dan subtes 3 materi survei karakter selama 30 menit. Pun demikian dengan hari kedua. Bedanya, siswa mengerjakan materi numerasi dan survei lingkungan belajar.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Jeunieb, Feri Irawan, M. Pd menyampaikan beberapa harapan berkaitan dengan kegiatan asesmen ini, pertama para peserta didik mendapatkan hasil yang memuaskan di ANBK tahun 2023 ini. Kedua, pemetaan pengembangan mutu pendidikan khususnya di SMKN 1 Jeunien, umumnya di Indonesia, akan lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Penulis Dahliani

Editor Fodic


Posting Komentar untuk "Pengawas Pembina SMKN 1 Jeunieb Pantau Langsung Pelaksanaan ANBK"