Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apel Siang di SMKN 1 Jeunieb: Upaya Tingkatkan Solidaritas dan Karakter Siswa

Berbagai upaya yang sudah dilakukan sekolah ternyata belum mampu mengondisikan semua siswa mengikuti pelajaran sampai jam terakhir. Terutama jika ada guru yang tidak hadir dan memberikan tugas. Siswa saling berlomba menyelesaikan tugas agar bisa pulang lebih awal. 





Padahal masih banyak siswa di kelas lain yang sedang mengikuti pelajaran. Hal ini dapat memberikan aura negtif dalam mengikuti pelajaran-pelajaran. Jika ada kelas yang pulang lebih awal di awal, maka  pelajaran di kelas lain bisa kacau karena sudah tidak bisa konsentrasi mengikuti pelajaran.

Untuk itu, SMKN 1 Jeunieb melaksanakan program pendidikan karakter di antaranya adalah menggelar apel siang. Selain dapat menekan angka pulang awal mapun siswa bolos, apel siang juga bermanfaat untuk menyampaikan informasi-informasi sekolah kepada siswa, juga meningkatkan solidaritas sesama siswa.

Setidaknya ada 11 nilai yang didapat dari pendidikan karakter melalui apel siang, yaitu nilai relijius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai kedisiplinan,  nilai kreatifitas, nilai kemandirian,  nilai rasa keingintahuan, nilai tanggung jawab, nilai menghargai prestasi, dan nilai persahabatan.


Penulis Fodic

Editor Helmiza



Posting Komentar untuk "Apel Siang di SMKN 1 Jeunieb: Upaya Tingkatkan Solidaritas dan Karakter Siswa"