Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CGP SMKN 1 Jeunieb Ikuti Lokakarya 1 PPGP Angkatan 9

Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 9 kembali berlanjut dengan kegiatan Lokakarya 1 yang dilaksanakan oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh (BGP Aceh) pada Sabtu, 16 September 2023 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen dengan menyasar para Calon Guru Penggerak (CGP) mulai jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK dari Kabupaten Bireuen. 

Kegiatan yang dibuka Kadisdikbud Bireuen Muslim, M. Si, turut dihadiri perwakilan BGP Aceh, Pengawas pembina, dan Kepala Sekolah yang ada CGP angkatan 9 tahun 2023.

Melalui Lokakarya 1 ini diharapkan Calon Guru Penggerak (CGP) dapat menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di konteks sekolah maupun lingkungan belajar. Selain itu para CGP diharapkan mampu menjelaskan konsep, dan filosofi sebagai dari peran guru penggerak. 

Para CGP ini mengikuti jalannya Lokakarya dipandu oleh Pengajar Praktik (PP) dengan penuh antusias. Sejumlah aktivitas menarik seperti mencari benda, dan beberapa permainan kelompok lainnya membuat suasana lokakarya makin seru dan meriah.

Menurut Feri Irawan, S. Si. M. Pd Kepala SMKN 1 Jeunieb, program PPGP merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Feri menjelaskan program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di sekolah maupun di luar sekolah  serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah. 

Sementara Yuanita, S. Pd CGP angkatan 9 dari SMKN 1 Jeunieb yang juga guru Bahasa Inggris, berharap bahwa dirinya dan para peserta CGP dan PP angkatan 9 ini dapat berjalan lancar dan sukses selama kurang lebih 6 bulan kedepan. "Puncaknya pada lokakarya 7 (Festival panen hasil belajar),” pungkasnya.

Penulis Hermansyah

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "CGP SMKN 1 Jeunieb Ikuti Lokakarya 1 PPGP Angkatan 9"