Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Erika Syifaq Masuk 10 Terbaik di FLS SMK 2023 Se-Aceh

Festival Literasi Sekolah (FLS) SMK tingkat Provinsi Aceh 2023 telah selesai dilaksanakan, 2-4 Oktober 2023 di Sei Hotel, Banda Aceh. 

FLS SMK 2023 mengusung tema “Aceh Cerdas di Era Literasi Digital". Dengan tema ini diharapkan termotivasi siswa SMK untuk meningkatkan ketrampilan literasi dalam kerangka pengembangan pendidikan vokasi. Juga membentuk karakter dan mengasah kemampuan siswa dalam berpikir analitis, kritis, evaluatif, imajinatif, serta kreatif sebagai bekal dalam menghadapi persaingan dan tuntutan dunia kerja. 

Dalam ajang ini,  SMKN 1 Jeunieb mampu mengiring Erika Syifaq mewakili Kabupaten Bireuen dalam bidang lomba Rekam Jejak Literasi Sekolah Vokasi. Rasa syukur yang tidak henti-hentinya disampaikan oleh pihak sekolah kepada Erika Syifaq taruni kelas X Jurusan Perhotelan dan Yuanita, S. Pd guru pembimbingnya. Meskipun belum bisa menjadi yang pertama, sekolah berbangga dengan kemampuan yang dimiliki Erika dan pembimbingnya Ibu Yuanita, S. Pd.

Erika sudah berbuat yang terbaik untuk SMKN 1 Jeunieb dan Kabupaten Bireuen serta sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik. Namun usaha Erika hanya mampu menembus 10 besar, tepatnya di peringkat 8.

Saat presentasi, Erika Syifaq mampu menjelaskan berbagai program giat literasi di SMKN 1 Jeunieb. Ada sekitar 20 program yang disampaikan  yaitu Kupas, DPR literasi, Poli Gua, Rangkang Sastra, Pagi Menyapa, Siswa Beraksi, Yel-yel Literasi, Pendikar, Posi, GS Pro, GeTeKa Berbagi, Oelatihan Jurnalistik, Satgas literasi JANGKAR, Ayo menulis Buku, literasi digital, Festa sampai Majalah Sekolah BAHARI. 

Namun setelah melalui berbagai proses penilaian, mulai dari penilaian kualitas video, konten Video, kemampuan presentasi, kemampuan menyusun program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), kemampuan membuat narasi dalam bentuk tulisan terkait GLS di sekolah masing-masing, sampai penilaian layout/display X banner selama FLS berlangsung, Erika Syifaq hanya mampu memperoleh akumulasi nilai 82.

"Dari 23 SMK se-Aceh yang terpilih di tingkat provinsi, Alhamdulillah Erika berada di 10 besar terbaik, tepatnya di peringkat 8", kata Yuanita, S. Pd pembimbingnya, Rabu (04/10/2023) malam sesaat setelah pengumuman pemenang. 

Menurut Bu Ayu, panggilan akrabnya, dari rekap nilai yang dirilis panitia FLS, Erika kurang nilai di kualitas videonya, sedangkan yang lain nilainya bagus-bagus. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, S. Si. M. Pd mengucapkan terima kasih bagi semua warga sekolah yang telah mendukung Erika tampil di FLS SMK tingkat provinsi Aceh 2023. 

"Setidaknya nama SMKN 1 Jeunieb bisa berkibar di provinsi. Tetap semangat dan jadikan pengalaman untuk lomba-lomba selanjutnya. Menang kalah biasa itu. Akan ada ending yang manis nantinya. Selamat buat Erika", papar Feri sang kepala sekolah terproduktif menulis artikel di media massa. 

Penulis Fodic

Editor Fajar Mubariq


1 komentar untuk "Erika Syifaq Masuk 10 Terbaik di FLS SMK 2023 Se-Aceh"

  1. Luar Biasa Ananda dan SMKN 1 Jeunieb, walaupun ini adalah pertama kali tampil di FLS tapi sudah mampu menunjukan yang terbaik,, saya yakin SMK ini akan menjelma menjadi sekolah yang kuat vokasi dan literasi

    BalasHapus