Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IHT Hari Ke-2: Memahami Capaian Pembelajaran (CP)

Lanjutan IHT IKM Mandiri Berbagi hari ke-2, Kamis (19/10/2023), narasumber komite pembelajaran Riski Adisty, S. Si (yang juga nara sumber berbagi praktik baik) dan Herianto, S. TP (yang juga guru penggerak) memberikan materi capaian pembelajaran (CP) kepada teman-teman guru SMKN 1 Jeunieb  bertempat di Aula Seulanga Meeting Room. Sebelum diberikan materi CP, terlebih dahulu semua peserta diharuskan mengikuti pre tes secara daring.

Menurut Riski Adisty pembelajaran ibarat sebuah perjalanan, bukan sebuah perlombaan balap. Hal yang terpenting dalam sebuah perjalanan adalah tujuannya. Tanpa tujuan, kita pastilah hanya buang-buang waktu dan biaya saja. Jika sebuah tujuan jelas dan penting bagi hidup kita, pastilah kita akan mencari dan menggunakan berbagai cara untuk mencapainya, seberapapun lamanya atau seberapapun menantangnya. 


"Capaian Pembelajaran (CP) merupakan tujuan akhir di setiap fase pembelajaran siswa. Capaian pembelajaran (CP) adalah kompetensi minimum yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran. CP dirancang dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi, "jelas Riski. 



Dalam kesempatan yang sama, nara sumber Herianto menjelaskan CP sifatnya terberi (given) dari pemerintah dan tidak dapat diubah. Sekolah diberikan keleluasaan untuk menentukan/memodifikasi Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar berdasarkan CP.

"Untuk mencapai  tujuan tersebut, Pemerintah menetapkan Kerangka Dasar Kurikulum yang terdiri dari Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen. CP merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Untuk pendidikan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran, "jelas Herianto. 

Masih menurut Riski Adisty, adapun komponen dalam CP adalah rasional mata pelajaran, tujuan mata pelajaran, karakteristik mata pelajaran, capaian dalam setiap fase secara keseluruhan, dan capaian dalam setiap fase menurut elemen. 

Selanjutnya, CP dirumuskan dalam bentuk Fase, bukan per tahun CP selalu berpusat pada siswa, bukan pada ketuntasan materi. Untuk jenjang SMK, Fase E (Kelas 10 SMA) dan Fase F   (Kelas 11-12)

Elemen Dalam CP

Setiap CP suatu mata pelajaran memiliki beberapa elemen atau kelompok kompetensi esensial yang berlaku sama untuk semua fase pada mata pelajaran tersebut.

Masing-masing elemen tersebut memiliki capaian per fasenya sendiri yang saling menunjang untuk mencapai pemahaman yang dituju.

Elemen sebuah mata pelajaran mungkin saja sama atau berbeda dengan mata pelajaran lainnya. 

Penulis Tuti Alawiyah

Editor Fera Astryana

Posting Komentar untuk "IHT Hari Ke-2: Memahami Capaian Pembelajaran (CP) "