Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IHT Hari Ke-3: Asyik ber-ATP di SMKN 1 Jeunieb

Lanjutan In House Training (IHT) hari ketiga di SMKN 1 Jeunieb, Jum'at (20/10/2023) membahas perancangan pembelajaran tentang penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Pada tahapan ini para guru SMKN 1 Jeunieb dipacu semangat dalam memodifikasi TP dan ATP yang merupakan proses dalam mencapai capaian pembelajaran peserta didik.

TP dan ATP membantu dalam mengukur pencapaian peserta didik. Tujuan pembelajaran (TP) memberikan gambaran tentang hasil pembelajaran yang diharapkan. Sedangkan ATP memberikan panduan tentang langkah-langkah yang harus dilakuakan peserta didik untuk mencapai tujuan tersebut. 

Kegiatan IHT hari ini, guru  belajar bersama untuk mengingat kembali pemahaman tentang CP, TP, ATP dan nantinya Modul Ajar yang digunakan pedoman oleh guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran" kata Riski Adisty disela- sela memberikan materi kepada para guru. 


Dalam pantauan kegiatan para guru duduk berkelompok berdiskusi bersama untuk membuat TP dan ATP sesuai dengan mata pelajaran yang diasuh.

Riski pun menambahkan bahwa, CP bersifat tetap, TP  dan ATP bisa dimodifikasi guru sesuai kebutuhan dan minat peserta didik.

"Untuk menyusun TP menjadi ATP,  guru perlu menganalisis CP menjadi kompetensi (KKO) dan konten/materi, " jelas Riski


Penulis Fera Astriyana

Editor Tuti Alawiyah

1 komentar untuk "IHT Hari Ke-3: Asyik ber-ATP di SMKN 1 Jeunieb"