Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kembangkan Industri Ketahanan Pangan Keluarga, PKK Gampong Baro Gandeng SMKN 1 Jeunieb

Tim Pelaksana kegiatan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Gampong Baro Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, melaksanakan pelatihan bagi masyarakat khususnya ibu-ibu kader PKK di desa setempat, Sabtu (28/10/2023).

Tema Kegiatan pelatihan tata boga ini bertajuk "Pengolahan Ikan Lele menjadi Kerupuk dan Abon dalam Mengembangkan Industri Ketahanan Pangan Keluarga."

Dengan tema ini TP PKK Gampong Baro sengaja mengundang nara sumber dari SMKN 1 Jeunieb, Tuti Alawiyah SPi MM, guru kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Air Tawar (APAT).


Tuti juga guru penggerak SMKN 1 Jeunieb untuk berkolaborasi dan memberikan pengetahuan keterampilan dalam upaya diversifikasi pengolahan ikan lele menjadi  produk makanan.  

Sekitar 40 peserta yang hadir pada kegiatan pelatihan ini juga antusias mengikuti acara tersebut. Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kota Juang Hermasari SKed, sekaligus membuka acara pelatihan itu.

Hermasari menyampaikan, PKK Gampong Baro harus punya produk yang bisa dipasarkan dan menjadi sumber pendapatan gampong. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap jika nanti ada even pameran UMKM atau sejenisnya, produk PKK Gamong Baro bisa hadir eksis disana," ujarnya.

Hermasari berharap, ingin setiap gampong memiliki minimal satu produk yang dikembangkan dan berkenajutan disetiap gampong.


Sementara narasumber, Tuti Alawiyah saat mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya menyampaikan materi dalam kegiatan ini.

"Saya menyampaikan pesan dari Kepala SMKN 1 Jeunieb kepada kepala desa, camat dan tim PKK Gmpong Baro  diantaranya adalah ucapan terima kasih sudah mempercayakan gurunya sebagai narasumber. Sekolah kami siap  membantu berkolaborasi untuk membimbing membuat produk-produk lainnya," kata Alawiyah.

Dikatakannya, SMKN 1 Jeunieb juga pernah berpartisipasi menampilkan produk produk SMK pada  pameran expo UMKM Aceh 2 tahun 2023 di Bireuen beberapa waktu lalu. 

Pada kegiatan yang sama juga SMK Negeri 1 Jeunieb akan ikut tampil pada acara Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) di awal November 2023 mendatang di Banda Aceh. 

“Alhamdulillah pada tahun 2022 lalu Pemerintah Aceh memberikan izin atau flesibelitas pengelolaan keuangan dalam produksi dan pemasaran produk-produk SMK," ungkapnya.

Lebih lanjut Tuti menjelaskan, perizinan ini  diperoleh atas dasar telah menerima SK BLUD (Badan Layanan Umum Dareah) untuk SMKN 1 Jeunieb. Karena itulah produk produk SMK jadi eksis di kalangan masyarakat. 

Lebih lanjut katanya, SMKN 1 Jeunieb dipercaya oleh Kementerian Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi untuk menjadi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) yaitu salah satu program prioritas Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu.

"Dalam hal ini di sekolah kami pada program keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan. Tujuan adalah bidang tersebut dapat mengalami peningkatan kualitas dan kinerja," ucapnya.

Tuti mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Gampong Baro, Zulfaizal Saleh MKes yang mendukung kegiatan dengan harapan dapat melahirkan produk di desa ini.

Penulis Fodic

Editor Fajar

Posting Komentar untuk "Kembangkan Industri Ketahanan Pangan Keluarga, PKK Gampong Baro Gandeng SMKN 1 Jeunieb"