Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keren, Erika Syifaq Taruni Kelas X SMKN 1 Jeunieb Jadi Pembina Upacara


Kebahagiaan dan rasa puas terpancar di wajah Erika Syifaq taruni kelas X Perhotelan SMKN 1 Jeunieb, ketika dapat menyelesaikan tugasnya sebagai pembina upacara, Senin (09/10/2023). Erika untuk pertama kalinya menjadi pembina upacara, tampil dengan penuh percaya diri. Sebagai pembina upacara, Erika  melangkah maju ke tengah tengah lapangan upacara, ketika MC mempersilahkan pembina memasuki lapangan upacara.

Menurut Maryani, S.ST. Par., Gr mengatakan bahwa semua anak - anak  memiliki kemampuan, tinggal bagaimana kita sebagai gurunya memberi mereka kesempatan dan latihan.






Lebih lanjut, Feri Irawan, S. Si. M. Pd kepala SMKN 1 Jeunieb mengatakan Erika sebagai pembina upacara atas permintaannya sendiri kepada pihak sekolah. Sekolah pun menyamput positif keberanian Erika. "Ini patut ditiru oleh siswa lainnya," paparnya. Kepsek juga menghimbau agar semua siswa harus siap mental dan siap badan ketika diberi tugas dan dapat melaksanakan amanah yang diberikan. 

Dalam amanatnya Erika menyampaikan pengalamannya mengikuti Festival Literasi Sekolah (FLS) Jenjang SMK tingkat Provinsi Aceh tahun 2023.

Dalam ajang FLS tersebut, dirinya mewakili sekolah dan Kabupaten Bireuen dalam bidang lomba Rekam Jejak Literasi Sekolah Vokasi. Rasa syukur yang tidak henti-hentinya disampaikan Erika yang mampu mendapatkan peringkat 8 dalam bidang lomba tersebut. 

Meskipun belum bisa menjadi yang pertama, Erika bangga bisa mewakili sekolah dan Bireuen. 

"Saya sudah berbuat yang terbaik untuk sekolah dan Kabupaten Bireuen serta sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik. Namun usaha saya hanya mampu menembus hingga 10 besar, " papar Erika. 


Saat presentasi, menurut Erika, dirinya mampu menjelaskan berbagai program giat literasi SMKN 1 Jeunieb. Ada sekitar 20 program yang disampaikannya yaitu Kupas, DPR literasi, Poli Gua, Rangkang Sastra, Pagi Menyapa, Siswa Beraksi, Yel-yel Literasi, Pendikar, Posi, GS Pro, GeTeKa Berbagi, Oelatihan Jurnalistik, Satgas literasi JANGKAR, Ayo menulis Buku, literasi digital, Festa sampai Majalah Sekolah BAHARI. 


"Setelah proses penilaian kualitas video, konten Video, kemampuan presentasi, kemampuan menyusun program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), kemampuan membuat narasi dalam bentuk tulisan terkait GLS di sekolah masing-masing, dan layout/display X banner  selama FLS berlangsung, saya hanya mampu meraih peringkat ke delapan, " jelas Erika. 

Erika juga berterima kasih kepada semua yang telah mendukung dirinya tampil di FLS provinsi Aceh 2023. "Kita harus tetap semangat dan menjadikan pengalaman untuk lomba-lomba selanjutnya. Menang kalah biasa itu", papar Erika menutup amanatnya. 

Setelah Erika selesai memberikan amanatnya, semua peserta upacara baik siswa dan guru memberikan tepuk tangan serentak tanpa ada yang komando. Terima kasih Erika. Kamu cukup berani dan lugas dalam bicara. Tentu ini menjadi contoh bagi taruna-taruni lainnya untuk menjadi pembina upacara selanjutnya.


Penulis Fodic

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Keren, Erika Syifaq Taruni Kelas X SMKN 1 Jeunieb Jadi Pembina Upacara"