Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Gelar Workshop Penguatan Kelembagaan BKK

SMKN 1 Jeunieb menyelenggarakan kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan Bursa Kerja Khusus (BKK), Senin (16/10/2023) bertempat di Aula Seulanga Meeting Room SMKN 1 Jeunieb dalam rangkaian kegiatan SMK Pusat Keunggulan. 

Kegiatan yang melibatkan Bidang Humas, Ketua Program Keahlian, dan guru kejuruan ini dihadiri pengawas pembina SMKN 1 Jeunieb Muslim, M. Pd, dan nara sumber dari Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bireuen, Satia Farida, SE. 



BKK SMKN 1 Jeunieb adalah sebuah lembaga yang dibentuk di SMK sebagai unit pelaksana yang melayani dan memberikan informasi lowongan pekerjaan, pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja yang bermitra dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bireuen.

Satia Farida, SE., selaku kepala bidang penempatan dan perluasan kesempatan kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bireuen, memaparkan bahwa pembelajaran yg diterapkan di SMK harus bisa melatih soft and hard skills yang dibutuhkan di setiap jurusannya, Mental dan juga attitude yg baik harus terus diasah agar lulusan SMK siap terjun ke dunia industri ataupun dunia kerja.




“Siswa SMK bukan hanya harus bisa terampil dikeahliannya masing-masing, namun harus serta dibekali kemampuan berkomunikasi, disiplin, jujur, tepat waktu, berpikir kritis dan mampu bekerja dalam tim sehingga lulusan dari SMK bisa Bekerja, Melanjutkan ataupun Wirausaha” ujar Satia saat memberikan materinya. 

Muslim, M. Pd selaku pengawas pembina SMKN 1 Jeunieb memaparkan bahwa BKK mempunyai peran dan fungsi pelayanan dalam menyediakan informasi lowongan kerja, penyaluran dan penempatan tenaga kerja bagi lulusannya. Selain itu, BKK juga menjalin kerjasama antara sekolah dengan dunia usaha dan industri (DU/DI).

“Bagi sekolah, BKK berkoordinasi dengan disnaker mempererat hubungan antara dunia pendidikan dengan dunia usaha serta keterserapan lulusan ke pasar kerja. Bagi lulusannya, BKK memberikan layanan dan akses ke dunia kerja,” terang Muslim. 

Feri Irawan., S. Si., M.Pd. selaku Kepala SMKN 1 Jeunieb berharap dengan diadakannya Workshop Penguatan Kelembagaan BKK ini dapat mempererat sinergi antara lembaga sekolah, dinas tenaga kerja untuk menciptakan lingkungan pembelajaran di sekolah yg dapat menyiapkan serta menyalurkan lulusan sekolah sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

“Tujuan dibentuknya BKK di SMKN 1 Jeunieb untuk memberikan pelayanan informasi ketenagakerjaan kepada alumni dan pencari kerja, membina dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah atau swasta dalam pengadaan informasi ketenagakerjaan, melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan rekrutmen dan seleksi calon pekerja serta sebagai wadah yang menanamkan jiwa kewirausahaan bagi alumni melalui kegiatan pelatihan,"ujar Feri.

Menurut Heri Budiyanto, S. ST Waka Humas SMKN 1 Jeunieb, untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki setiap siswa pihak sekolah nantinya akan memulai dengan pengawalan animo, bakat dan minat anak mulai dari PPDB, berdasarkan potensi yang dimiliki. Anak nanti akan diarahkan apakah anak akan melanjutkan kuliah, kerja, atau wirausaha. 

"Misalnya nilai bagus dan ada biaya bisa di arahkan untuk kuliah, kalau yang mau kerja atau wirausaha harus diberi penguatan skill dan sikap yang lebih, " jelas Heri. 

Penulis Riski Adisty

Editor Hermansyah

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Gelar Workshop Penguatan Kelembagaan BKK"