Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Gelar IHT IKM Mandiri Berbagi

Kacabdisdik Wilayah Kabupaten Bireuen Abdul Hamid, S. Pd.,M.Pd, Rabu (18/10/2023) pagi membuka kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Aula Seulanga Meeting Room SMKN 1 Jeunieb hingga 28 Oktober 2023 mendatang. 

Terpilihnya SMKN 1 Jeunieb sebagai SMK Pusat Keunggulan tahun 2023, menjadikan perubahan paradigma dalam pembelajaran dan digitalisasi sekolah

Untuk itu Bapak/Ibu Guru diharuskan mengikuti In House Training (IHT) Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Kegiatan ini  dijadwalkan berlangsung selama 10 hari, dimulai pada tanggal 18-28 Oktober 2023 di Aula Seulanga Meeting Room SMKN 1 Jeunieb. 


Diharapkan dengan adanya IHT, peserta mengetahui Program SMK PK, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, dan implikasinya dalam pembelajaran sesuai dengan perannya masing-masing.

Adapun Tujuan In-House Training ini adalah; 1) mengetahui, menganalisis, dan menyusun kerangka kurikulum operasional di SMKN 1 Jeunieb antara lain, visi, misi, tujuan, menurunkan capaian pembelajaran (CP) menjadi tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP), menyusun perangkat ajar (modul ajar/RPP, dan perangkat lainnya), serta pengorganisasian pembelajaran; 2) mengetahui perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan memodifikasi contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila;3) mengetahui kegunaan dan perkembangan platform teknologi prioritas yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.






Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak/Ibu Guru SMKN 1 Jeunieb  yang sebelumnya telah mengikuti Pelatihan Daring sebagai Komite Pembelajaran yang diselenggarakan oleh BBPPMVP BBL Medan tanggal 20-30 September 2023. Seluruh Bapak/Ibu Guru yang mengikuti kegiatan In House Training (IHT) ini, diberikan materi diantaranya tentang Struktur Kurikulum SMK PK, Prinsip Pembelajaran, serta Modul Perangkat Ajar dan Literasi Digital.

Dengan terpilihnya SMKN 1 Jeunieb sebagai SMK PK Tahun 2023, diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan serta melakukan pengimbasan ke sekolah lain untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya. Pada Program SMK PK, kapasitas dan kompetensi tersebut ditingkatkan melalui pelatihan dan pendampingan. Kepala sekolah, pengawas sekolah, wakil kepala kurikulum, guru BK, perwakilan guru kejuruan dan perwakilan guru umum diberikan pelatihan pembelajaran dengan paradigma baru pada Pelatihan Komite Pembelajaran. 

Selanjutnya, komite pembelajaran akan menyamakan persepsi dan meningkatikan pemahaman seluruh guru dan tenaga kependidikan dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan paradigma baru melalui pelaksanaan In House Training (IHT) di satuan pendidikan masing-masing.

Pendampingan kegiatan IHT diharapkan dapat membantu Komite Pembelajaran dalam membuat perencanaan implementasi pembelajaran dengan paradigma baru di SMK PK. 

Laporan ini disusun untuk memberikan informasi secara mendalam terkait hasil kegiatan pendampingan IHT pada aspek persiapan, pelaksanaan, pelaporan, dan penyusunan rencana tindak lanjut. Pada laporan ini juga memuat  tentang kendala yang ditemukan selama IHT dan tindakan yang telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut.


Penulis Fodic

Editor Herianto

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Gelar IHT IKM Mandiri Berbagi"