Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taruna SMKN 1 Jeunieb Ikuti Diklat Ketrampilan Pelaut di Poltek Pelayaran Malahayati

Sepuluh Taruna SMK Negeri 1 Jeunieb mengikuti pendidikan dan pelatihan keterampilan pelaut di Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh Besar, mulai hari ini Selasa (10/10/2023) sampai duapuluh hari kedepan. 

Menurut Heri Budiyanto, S. SY Humas SMKN 1 Jeunieb, program diklat keterampilan pelaut merupakan program diklat untuk mendapatkan kecakapan dan keterampilan melakukan tugas dan atau fungsi tertentu di kapal. Para taruna tersebut direncanakan akan mengikuti diklat untuk mendapatkan 5 (lima) sertifikat keterampilan pelaut yang berstandar Internasional Maritim Organization (IMO). 


Ke lima sertifikat tersebut adalah Pelatihan Keselamatan Dasar atau Basic Safety Training (BST), pelatihan Pemadam Kebakaran Tingkat Lanjut atau Advance Fire Fighting (AFF), Pelatihan Kesadaran Keamanan atauSecurity Awerness Training (SAT), Pelatihan Pertolongan Pertama Medis atau Medical First Aid (MFA) dan pelatihan Pelaut dengan Tugas Keamanan yang Ditunjuk atau Seafares with Designated Security Duties (SDSD).  

"Sertifikat-sertifikat tersebut penting dan wajib dimiliki oleh Calon pelaut yang akan bekerja dikapal sesuai dengan aturan dalam Konvensi Pelaut Internasional (STCW – Standards of Training, Certification, and Watchkeeping for Seafarers), " jelas Heri. 

Dalam kesempatan yang sana, Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, S. Si.,M.Pd, menjelaskan bahwa dengan bekal diklat keterampilan pelaut diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan dalam pelaksanaan kegiatan di laut nantinya. 

"Disamping wajib melengkapi dokumen-dokumen sebagai syarat administrasi para siswa juga akan dilakukan tes kesehatan dan buta warna oleh dokter di klinik Kesehatan Poltek Pelayaran Malahayati", papar Feri. 

Menurutnya, setelah dinyatakan lengkap berkas administrasinya dan lulus tes kesehatan para taruna melanjutkan pendidikan serta pelatihan yang di bimbing dan dilatih langsung oleh para instruktur dan dosen Poltekpel Malahayati.

Sementara, pendamping taruna dalam kegiatan ini Helmiza, A. Md nemaparkan rencana dan target dari diklat ini nantinya para taruna SMK Negeri 1 Jeunieb setelah tamat sekolah bisa mendapat peluang kerja di bidang pelayaran pada kapal-kapal dalam dan luar negeri (internasional). Dengan adanya peluang kerja ini siswa bisa membantu perekonomian keluarga, dan dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di daerah kita.


Penulis Fodic

Editor Fajar Mubariq

Posting Komentar untuk "Taruna SMKN 1 Jeunieb Ikuti Diklat Ketrampilan Pelaut di Poltek Pelayaran Malahayati"