Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Universitas Borneo Lakukan Pendampingan SMKN 1 Jeunieb sebagai SMK PK dalam Pencapaian Output

SMKN 1 Jeunieb sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) hari ini, Rabu (25/10/2023) kedatangan tim pendampingan dari Perguruan tinggi, dalam hal ini Universitas Borneo Tarakan Kaltara. 

Dalam arahannya saat pertemuan singkat dengan guru SMKN 1 Jeunieb, pendampingan FGD 1 ini yang diwakili Bapak Noerman AP, MT dari Universitas Borneo menjelaskan bahwa SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. 

Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria. 

Berdasarkan SK Dirjen Vokasi Kemendikbudristek tahun 2023, Universitas Borneo menjadi salah satu dari 118 Perguruan Tinggi Pendamping (PTP). Sekolah Vokasi sebagai leading pengelola program SMK PK di tingkat Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2023 ini, Universitas Borneo dipercaya dan diamanahi untuk mendampingi SMKN 1 Jeunieb sebagai SMK PK. Pendampingan perdana SMK OK SMKN 1 Jeunieb dilaksanakan Rabu (25/10/2023) oleh Bapak Noerman dari Universitas Borneo Kalimantan. 

Pendampingan Kompetensi Keahlian SMK yang mereka dampingi adalah Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI).


Menurut Feri Irawan, S. Si. M. Pd kepala SMKN 1 Jeunieb,  Universitas Borneo sebagai PTP SMK PK memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai berikut. Pertama, melakukan pendampingan sekolah dalam upaya pemenuhan 8 (delapan) standar nasional pendidikan dan implementasi link and match dengan dunia kerja. 

Kedua, melakukan pendampingan dalam penyusunan need assessment mitra dunia kerja sebagai upaya pengembangan pembelajaran berbasis industri. 

Ketiga, melakukan pendampingan dalam pengembangan teaching factory sesuai standar mitra dunia kerja. 

Ke empat, melakukan pendampingan dalam pengelolaan sumber daya sekolah berbasis data. 

Kelima, melakukan pendampingan pengembangan Program SMK Pusat Keunggulan meliputi pembangunan atau rehabilitasi bangunan, pengadaan perabot, dan pengadaan alat. 

Keenam, melakukan pendampingan dan/atau in house training penggunaan platform teknologi dalam pembelajaran, pengelolaan pendidikan, bursa kerja khusus, dan/atau sistem penelusuran tamatan bagi kepala sekolah dan guru di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan.


Penulis Riski Adisty

Editor Fera Astryana

Posting Komentar untuk "Universitas Borneo Lakukan Pendampingan SMKN 1 Jeunieb sebagai SMK PK dalam Pencapaian Output"