Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pramuka SMKN 1 Jeunieb Belajar Membuat Tandu Darurat

Pramuka SMKN 1 Jeunieb saat melakukan latihan rutin mingguan pada Kamis (09/11) sore, belajar cara membuat tandu darurat (usungan) di halaman sekolah.

Pada kesempatan ini, pembina pramuka SMKN 1 Jeunieb Helmiza, A. Md mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan anggota pramuka dalam membuat tandu darurat. Cara membuat tandu merupakan salah satu materi teknik ketrampilan yang wajib dikuasai oleh anggota pramuka.

“Keterampilan membuat tandu darurat sangat perlu dan wajib dikuasai oleh setiap anggota pramuka, terutama pada saat-saat darurat ketika terjadi kecelakaan yang membutuhkan evakuasi korban. Fungsi utama dari tandu darurat ini adalah untuk memudahkan penolong melakukan evakuasi korban secara aman dan nyaman menuju tempat yang lebih aman untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” jelas Helmiza. 

Lebih lanjut Helmiza mengatakan bahwa pembuatan tandu darurat ini dilakukan dengan cara memanfaatkan tongkat dan tali pramuka  yang tersedia.

“Tandu ini biasanya digunakan saat kondisi darurat, oleh sebab itu kita dapat menggunakan alat-alat yang tersedia, seperti tongkat dan tali pramuka ini,” tambahnya.

Ditempat yang sama, salah seorang siswa anggota pramuka SMKN 1 Jeunieb Muhammad Irfan mengatakan bahwa dengan adanya materi ini, mereka menjadi tahu cara membuat tandu darurat. 

"Semoga dengan belajar membuat tandu ini dapat menambah keterampilan anggota pramuka dan menjadi bekal pada saat menghadapi kondisi yang darurat,” ujar Irfan.

Penulis Fodic

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Pramuka SMKN 1 Jeunieb Belajar Membuat Tandu Darurat"