Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Berbagi Praktik Baik Kepada SMK Se-Aceh

Sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) SMKN 1 Jeunieb melakukan sharing praktik baik kepada seluruh SMK baik negeri maupun swasta yang ada di Aceh. Dan kali ini SMKN 1 Jeunieb berbagi ilmu tentang "Pemagangan Siswa" secara daring, Kamis (16/11/2023) pagi. 

Kegiatan ini merupakan realisasi komitmen SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Jeunieb untuk melakukan pengimbasan ke sekolah lain. Kami berharap melalui kegiatan ini, banyak manfaat yang bisa diperoleh diantaranya memberikan inspirasi dan motivasi guna merencanakan pengembangan program sekolah PK ke depannya, bisa berbagi ilmu dan pengalaman dan menambah wawasan serta peningkatan kinerja.

Pemaparan materi disampaikan Narasumber Herianto, S TP (Guru penggerak) dan Riski Adisty, S. Si (Narasumber Berbagi Praktik Baik), dan Yuanita, S. Pd (Calon Guru Penggerak Angkatan 11) sebagai host. Ketiganya guru SMKN 1 Jeunieb. 

Dalam paparannya, Herianto menjelaskan Praktik Kerja Lapangan adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya.

Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang di suatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun di dunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya.

Dan juga sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri.

Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya, agar dalam pelaksanaan PKL nanti tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar.

Kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.

Dalam prakteknya, siswa siswi yang terlibat dalam kegiatan PKL tentu akan mendapatkan bekal terlebih dahulu dari pembimbingnya di sekolah.

Pembekalan dari pembimbing biasanya berupa pengetahuan dasar seputar dunia usaha atau industri yang akan digeluti siswa siswi SMK yang sesuai dengan jurusannya. 

Penulis Tuti Alawiyah

Editor Tuti Alawiyah

1 komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Berbagi Praktik Baik Kepada SMK Se-Aceh"