Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Ikuti Lomba Sekolah Sehat

Tim Penilai Usaha Kesehatan Sekolah, Madrasah dan Dayah (TP-UKS/M/D) Kabupaten Bireuen, Rabu (15/11/2023) pagi, mengunjungi SMKN 1 Jeunieb yang merupakan salah satu peserta lomba sekolah sehat. Lomba Sekolah Sehat merupakan salah satu program pemerintah pusat, dimana lomba ini nantinya akan berkelanjutan.sampai ke tingkat Nasional.


Lomba sekolah sehat ini merupakan salah satu program pemerintah, diharapkan dengan adanya program ini semua sekolah dapat menjadi sekolah sehat sesuai dengan penilaian pusat dan kriteria yang telah ditentukan. Untuk lomba sendiri, dimulai dari tingkat kecamatan, nanti kemenangannya akan berlanjut ke tingkat kabupaten, selanjutnya tingkat provinsi dan tingkat nasionalJadi untuk bisa lebih lanjut ke tingkat selanjutnya, harus menang terlebih dahulu di tingkat kabupaten. 



Banyak kriteria dari sekolah sehat, yang kita nilai salah satunya adalah bagaimana proses pendidikan kesehatannya, pelayanan kesehatannya, dan bagaimana lingkungannya. Kemudian kebersihannya, bagaimana proses menata kebersihan serta pola hidup bersih dari mulai kebersihan ruangan kelas, ruang guru, wc, sanitasi, taman dan halaman semua tertata rapi. Kemudian lingkungan, bukan hanya lingkungan yang terlihat atau lingkungan fisik tetapi juga lingkungan mental dan rohani, hubungan kepala sekolah dengan guru, guru dengan guru, siswa dengan siswa, guru dengan siswa hubungan itu juga terlihat keharmonisannya.

Tim Penilai disambut langsung oleh Kepala SMKN 1 Jeunieb, Feri Irawan, S. Si.,M.Pd dan dihadiri unsur kecamatan Jeunieb, mulai dari Camat, Kapolsek,  Danramil, sampai Kepala UPTD Puskesmas Jeunieb. Hadir juga Keuchik Blang Mee Barat, dan Komite sekolah. 

Dalam arahan penyambutan tim penilai,  Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, S Si. M. Pd menyampaikan bahwa keikutsertaan SMKN 1 Jeunieb dalam lomba sekolah sehat ini semoga dapat memotivasi seluruh Guru, Tendik maupun siswa dilingkungan SMKN 1 Jeunieb untuk dapat mempertahankan dan menerapkan perilaku hidup sehat, serta dapat bekerja sama dalam menjaga lingkungan sekolah, agar bisa menjadi lingkungan yang sehat dan nyaman.

Tim yang mengunjungi melihat kondisi sekolah, wawancara dan lainnya tentang sekolah sehat. Ketua Sekretariat  TP-UKS/MD/D Bireuen, Tarmizi ST, mengatakan, tahun ini awalnya ada 18 sekolah sasaran, termasuk beberapa dayah. 

Adapun yang tergabung dalam tim penilai, yakni dari Pemkab Bireuen, Kankemenag, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kesehatan Bireuen.

Namun, dari 18 lembaga pendidikan hanya 12 sekolah termasuk dayah yang memenuhi kriteria untuk dinilai tim, salah satunya SMKN 1 Jeunieb. 




Kegiatan  penilaian yang melibatkan beberapa dinas dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kesehatan di lingkungan sekolah.




Melalui program UKS yang ada di sekolah, kegiatan dimaksudkan mampu memberi dorongan kepada sekolah yang mengikuti event ini dan sekolah lainnya untuk memacu pelaksanaan Program UKS di sekolah masing-masing.





Dengan demikian anak didik di sekolah mendapatkan pendidikan kesehatan yang baik dengan harapan dapat menularkannya pada kehidupan keseharian di luar sekolah. 


Penulis Fodic

Editor Zulfadhlurrazi

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Ikuti Lomba Sekolah Sehat "