Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini P5 Suara Demokrasi Ala SMKN 1 Jeunieb

P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di bulan Desember 2023 ini bertepatan dengan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMKN 1 Jeunieb. Tema P5 yang diambil adalah Suara Demokrasi yang diikuti oleh kelas X dan XI. P5 dilaksanakan pada hari Jum'at-Kamis, 1-7 Desember 2023 dengan sub Tema kelas X adalah “Aspirasimu Menentukan Masa Depanmu” dan kelas XI “Suaraku membawa Perubahan”. P5 kali ini sangat seru, karena mengaplikasikan langsung pada Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dan menggunakan aktivitas yang relevan yaitu eksplorasi konsep, Konstektualisasi, Aksi, Refleksi, dan Tindak Lanjut


Kita kupas pelaksanaan P5 masing-masing tingkat dengan sub Tema yang berbeda. Kelas X lebih menekankan pada dimensi berkebhinekaan global, bergotong royong, dan bernalar kritis dengan materi pembahasan meliputi demokrasi, visi misi, debat. Ini diaplikasikan pada hari Senin dan Selasa (eksplorasi konsep dan kontesktualisasi) dengan menelaah apa itu demokrasi, demokrasi yang dianut di Indonesia, pengertian visi misi, visi misi SMKN 1 Jeunieb, menelaah visi misi calon ketua dan wakil ketua OSIS, menyaksikan dan menelaah debat calon ketua dan wakil ketua OSIS. 

Pada hari Rabu (Kontekstualisasi), salah satu guru penggerak yang paham dengan kepemiluan turut memberikan pencerahan bagaimana menjadi pemilih pemula, dan cara memilih yang benar. Nah di hari Kamis (Aksi), peserta didik kelas X ini menjadi penyelenggara Pemilos dengan membuat TPS (Tempat Pemungutan Suara) di kelas masing-masing. Mereka memilih calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS dengan tiga kandidat sebagai berikut. 

Kandidat 1: Muhammad Muzairi (X TKR)-Farel Akbar (X TPM)

Kandidat 2: Muhammad Irfan (XI NKPI)-Erika Syifaq (X Perhotelan)

Kandidat 3: Tari Hafizah (XI Perhotelan)-Fazzal Kamil (X TKR)

Pilketos dilakukan secara online di TPS masing-masing dengan tetap menjaga kerahasiaan. Hari Jumat (Refleksi dan Tindak Lanjut) dilaksanakan refleksi penyelenggaraan P5 dan rencana tindak lanjut. Kemudian untuk kelas XI, pelaksanaan P5 tidak jauh berbeda dengan kelas X. Kelas XI menekankan pada dimensi kebhinekaan global, bernalar kritis, dan bergotong royong dengan materi pembahasan meliputi demokrasi, perubahan sosial, penyampaian kritik dengan strategi komunikasi yang baik, menyalurkan aspirasi dalam forum komunikasi.


Pada hari Senin dan Selasa (eksplorasi konsep dan Kontektualisasi) membahas pentingnya demokrasi, perubahan sosial di sekolah, cara menyikapi perubahan sosial di sekolah. Hari Rabu (kontektualisasi) menuangkan pendapat perbuahan sosial kepada publik dan penyampaian kritik yang baik dalam media. Hari Kamis (Aksi) peserta didik kelas XI berpartisipasi dalam memberikan suara pada pemilos dan menyalurkan aspirasi dalam forum komunikasi. Hari Jumat (Refleksi dan Tindak Lanjut) peserta didik melakukan refleksi dan tindak lanjut seberapa besar ikut andil dalam menghadapi perubahan sosial yang ada di lingkungan sekolah.

Semoga pelaksanaan P5 “ Suara Demokrasi” bulan Desember ini dapat menyalurkan aspirasi semua warga sekolah untuk membawa sekolah ke arah yang lebih baik, lebih maju dan lebih unggul. Dan andil warga sekolah dalam menghadapi perubahan sosial yang ada di sekolah dengan memberikan suara dan perubahan sikap akan membawa perubahan lingkungan sekolah yang sehat, aman, dan nyaman.

Akhirnya, OSIS SMKN 1 Jeunieb siap keluar zona nyaman dan sukses bersama.

Posting Komentar untuk "Begini P5 Suara Demokrasi Ala SMKN 1 Jeunieb"