Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Guru SMKN 1 Jeunieb Magang di Kapal Mulia Bahari

 


Kompetensi Guru merupakan salah satu hal penting yang menentukan kualitas pembelajaran yang berimbas kepada kompetensi dari taruna dan taruni sehingga siap diterjunkan di dunia kerja. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi guru produktif sehingga selaras dengan perkembangan dan dinamika yang terjadi dalam dunia industri dan dunia kerja. Dasar inilah dua orang guru jurusan nautika kapal penangkap ikan (NKPI) SMKN 1 Jeunieb berkesempatan magang selama 25 hari di KM Mulia Bahari (kapal penangkap ikan terbesar di Jeunieb), sejak tanggal 10 November dan berakhir  10 Desember 2023. Kegiatan ini sekaligus bagian program kerja daripada SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Jeunieb. Keduanya adalah Helmiza, S. Pi dan Herianto, STP. 

Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, SSi MPd menyampaikan pentingnya seorang guru sebagai motor penggerak di kelas untuk membangun kemampuan taruna dalam berpikir kritis, kreatif, komunikatif , dan mendukung taruna untuk bisa berkolaborasi dan aktif kemampuan karena tersebut sangat penting ketika taruna terjun di dunia kerja dan dicari oleh perusahaan bukan hanya dimensi pengetahuannya. Oleh karena itu, guru perlu aktif dan kreatif mengemas pembelajaran agar pembelajaran menarik dan lebih dipahami oleh taruna.

Lebih lanjut, Feri menyampaikan pentingnya program magang guru produktif untuk terus meng- update keterampilan dan pengetahuan guru akan kerja nyata di perusahaan dan dunia kerja saat ini, sehingga dapat memberikan ilmu yang maksimal bagi taruna. Namun, dalam pelaksanaannya harus jelas bagaimana konsep, aturan, dan hasil yang harus dipenuhi dari kegiatan tersebut, sehingga program magang guru tersebut berimbas bagi SMKN 1 Jeunieb dan KM Mulia Bahari. 

Sementara, Bapak Kamaruzzaman selaku Direktur KM Mulia Bahari menyampaikan bahwa mereka telah bekerja sama dengan SMKN 1 Jeunieb sejak lama dan lulusannya ada yang diterima di KM miliknya baik sebagai taruna ataupun kru.

Maka SMKN 1 Jeunieb bisa juga menyusun jalur karir bersama dengan KM Mulia Bahari sehingga alumni memiliki gambaran karir jika bergabung dengan kapal penangkap ikan besar. 

Untuk program magang guru di KM Mulia Bahari, bisa diformulasikan dalam program magang kantor, magang sebagai supernumerary di atas kapal, atau magang guru sebagai bagian dari kru kapal sesuai dengan ketentuan dan prosedur dari perusahaan

"Saya mengucapkan terima kasih yang besar kepada KM Mulia Bahari telah menyambut baik sekolah kami untuk bekerja sama dengan

KM Mulia Bahari dan terus mengikuti perkembangan serta memberikan pelatihan dan pendampingan kepada saya, " papar Helmiza. 

Dalam program SMK Pusat Keunggulan ini tentunya SMKN 1 Jeunieb membutuhkan dukungan yang besar dari perusahaan pelayaran terutama dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang berbasis project. Peningkatan dan pengembangan pembelajaran berbasis proyek tidak bisa terlepas dari dukungan dan peran serta perusahaan pelayaran supaya kompetensi taruna bisa sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kepala SMKN 1 Jeunieb juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sangat besar kepada KM Mulia Bahari atas dukungan yang luar biasa kepada SMKN 1 Jeunieb, terutama pada saat sekolah terpilih sebagai SMK Pusat Keunggulan tim dari KM Mulia Bahari selalu mendukung, mendampingi, dan memberikan masukan ke sekolah.

Penulis Riski A

Editor Zulfadhlurrazi




Posting Komentar untuk "Dua Guru SMKN 1 Jeunieb Magang di Kapal Mulia Bahari"