Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Raih Juara I Lomba Sekolah Sehat Tahun 2023

SMK Negeri 1 Jeunieb kembali meraih penghargaan bergengsi tingkat kabupaten. Ya, prestasi kali ini ditorehkan dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS), pada hari Jum'at (15/12/2023) malam, yang di umumkan pada  malam Anugerah Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Bireuen dan CSR Award Tahun 2023, bertempat di Hotel Fajar Bireuen, SMKN 1 Jeunieb dinobatkan sebagai Juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Kabupaten Bireuen pada jenjang SMA/SMK/MA dan Dayah. 

Piagam penghargaan dan hadiah diterima secara langsung oleh Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, SSi MPd yang didampingi Pembina UKS Junita, SPd mewakili seluruh warga SMKN 1 Jeunieb, yang diserahkan Pj. Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph. D. yang diwakili Sekda Kabupaten Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, MSi. Dengan demikian, SMKN 1 Jeunieb akan mewakili Bireuen dalam lomba yang sama di tahun depan. 

LSS sendiri merupakan agenda yang diinisiasi melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, yakni Mendikbudristek, Menkes, Menag dan Mendagri. Trias UKS, meliputi pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta pembinaan lingkungan sekolah sehat, menjadi penilaian utama dalam LSS.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen, Abdul Hamid, SPd MPd memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sekolah yang malam ini diumumkan sebagai juara sekolah sehat di bawah jajarannya. "Dengan keberhasilan di LSS, berarti sekolah telah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan warga sekolah, mulai dari siswa, guru, tenaga kependidikan, atau komite. Dan ini patut di contoh oleh sekolah-sekolah lainnya baik SMA, SMK, ataupun SLB, "ujar Hamid. 

Menurut Kepala SMKN 1 Jeunieb, Feri Irawan, SSi MPd banyak poin penting yang menjadi tolak ukur dan perhatian tim penilai dalam melaksanakan penilaian lomba sekolah sehat bulan November yang lalu. Bagaimana tidak, tim penilai LSS mengamati kehidupan, serta kebersihan lingkungan, yang ada di sekolah, mulai dari kebersihan dan kerapian lingkungan, ruang kelas, kantin, ketersediaan air bersih, WC yang layak, penghijauan sekolah, dan ruang UKS yang memadai mulai dari administrasi, fisik ruangan UKS, ketersediaan obat obatan, pelayanan pada siswa dan guru, sampai kerjasama dengan pihak terkait misalnya puskesmas terdekat. 

Feri menjelaskan, penghargaan yang diraih SMKN 1 Jeunieb tersebut, tidak terlepas pula dari peran aktif siswa, guru, tendik, komite, puskesmas Jeunieb dan muspika setempat. 

Oleh sebab itu, imbuhnya, pihak sekolah membentuk divisi dan satuan kerja, yang diisi oleh para siswa, guna menangani berbagai kegiatan. Mulai dari divisi UKS, divisi bakti sekolah, kantin sekolah, greenhouse, kamar mandi, taman sekolah, tanaman buah, sampai toga. 

Sehingga, kegiatan LSS sangat berkontribusi dalam membentuk karakter siswa. Mereka menjadi peduli dan berbudaya lingkungan, peduli kebersihan, lalu terbiasa membuang, memilah, serta mengolah sampah, dan lain sebagainya. Semoga dengan meraih juara LSS akan semakin memotivasimu semua pihak untuk berbudaya PHBS yang pada muaranya akan meningkatkan prestasi belajar siswa, serta menuju Jeunieb sehat, cerdas sejahtera," kata Feri

"Kami juga mengucapkan Terima kasih dan apresiasi kepada tim pembina UKS Kabupaten Bireuen,  Kapolsek Jeunieb, Danramil Jeunieb, Camat Jeunieb, dan Puskesmas Jeunieb yang telah membina kami dan mendukung SMKN 1 Jeunieb sehingga mampu meraih hasil yang terbaik, " Ujar Feri

Sekadar informasi, penghargaan juara LSS tingkat kabupaten ini merupakan yang pertama sekali untuk SMKN 1 Jeunieb. Semoga dengan prestasi ini dapat menjadikan SMKN 1 Jeunieb sebagai sekolah pilihan masyarakat”, harap Kepala SMKN 1 Jeunieb. 

Berikut Juara LSS selengkapnya. 

Tingkat SMA/SMK/MA

Juara 1 SMKN 1 Jeunieb

Juara II SMKN 1 Peusangan

Juara III SMAN 1 Gandapura


Tingkat SMP/MTs

Juara I SMPN 3 Makmur

Juara II SMPN 2 Jeumpa

Juara III MTsN 5 Bireuen, Kota Juang


Tingkat SD/MI

Juara I MIN 6 Bireuen, Gandapura

Juara II MIN 11 Bireuen, Kuala

Juara III MIN 10 Bireuen, Peusangan Siblah Krueng

Penulis Fajar M

Editor Zulfadhlurrazi

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Raih Juara I Lomba Sekolah Sehat Tahun 2023"