Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru SMKN 1 Jeunieb Lulus Kandidat 1000 Guru Motivator Literasi Nasional


Satu Lagi Prestasi yang luar biasa diraih oleh salah seorang guru SMKN 1 Jeunieb, Rizki Adisty, S.Si yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Sekolah BAHARI, Lolos Seleksi menjadi kandidat 1000 Guru Motivator Literasi Nasional. Hal ini berdasarkan surat pengumuman Pimpinan Pusat Forum Indonesia Menulis (FIM),  nomor 251/FIM-GML/1/2024 tertanggal 24 Januari 2024.

Sekadar informasi bahwa program Nasional Literacy Exclusive Program 2024 untuk 1000 Guru Motivator Literasi melalui Forum Indonesia Menulis (FIM) melaksanakan program Guru Motivator Literasi (GML) dengan tema “Gerakan Indonesia Menulis Wujudkan Sekolah Literasi Nasional-Angkatan II tahun 2024. Guru Motivator Literasi (GML) adalah program pengembangan literasi berkelanjutan dengan sinergi bersama guru-guru Indonesia dalam menyongsong visi Indonesia sebagai kiblatnya literasi dunia.  

Melalui program ini guru-guru terpilih akan dilatih dan didampingi guna mewujudkan sekolah literasi nasional, melalui upaya pelibatan warga sekolah untuk menulis dan menerbitkan karya. 

Guru Motivator Literasi oleh Forum Indonesia Menulis ini menjadi salah satu upaya untuk melahirkan guru-guru yang akan menjadi role model menggerakkan dan mengontrol proses kegiatan menghasilkan karya oleh seluruh warga sekolah guna mendorong tercapainya sekolah-sekolah Indonesia sebagai  Sekolah Literasi Nasional. 

Peserta GML adalah guru, kepala sekolah, pengawas baik ASN maupun honorer, baik sekolah swasta maupun negeri dari tingkat PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Peserta memiliki minat tinggi dalam kepenulisan dan berkomitmen mengikuti seluruh proses seleksi nasional hingga selesai. Peserta juga diwajibkan menulis essay guru motivator literasi dengan judul “Tantangan dan Peluang Meningkatkan Literasi Sekolah”. Setelah lulus tahap seleksi, peserta di coaching menjadi guru motivator literasi (GML) untuk siap melatih siswa, guru, kepala sekolah dan menggerakkan visi sekolah literasi nasional.

Setelah melalui proses seleksi ketat dengan bersaing mengalahkan ribuan lebih pendaftar dari seluruh Indonesia, akhirnya salah satu guru SMKN 1 Jeunieb terpilih masuk dalam kandidat 1000 GML yang lolos memenuhi syarat yang ditentukan panitia. Selanjutnya Rizki akan mengikuti pendampingan serta diseminasi sebagai penggerak dan aktor utama praktik pengembangan literasi di sekolah, 28 Januari s.d 28 Februari 2024.

Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian diseminasi dan persyaratan akan lolos menjadi 1000 Guru Motivator Literasi (GML). 

Adapun peran yang diharapkan pada peserta yang lolos ini agar aktif menulis, menggerakkan ekosistem literasi di sekolah, menjadi coaching literasi di sekolah, mendorong ekosistem literasi di sekolahnya dan menjadi pelopor agar sekolahnya menjadi sekolah literasi.

Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, S.Si, M.Pd  sangat bahagia menerima kabar keberhasilan gurunya. Dia mengucapkan selamat dan berharap Rizki sukses menjalani pendampingan dan diseminasi dan menunaikan tugasnya nanti. “Saya sangat memotivasi guru-guru saya dalam berkarya. Semoga dengan ada utusan SMKN 1 Jeunieb menjadi Guru Motivator Literasi Indonesia, mampu membawa SMKN 1 Jeunieb menjadi sekolah literasi percontohan di Aceh khususnya dan Indonesia pada umumya," harap Feri.

Sementara itu, Rizki sendiri berjanji akan melaksanakan amanah ini sebaik mungkin. Rizki bertekad menjadikan literasi SMKN 1 Jeunieb  terdepan di Aceh. "Mohon doa dan dukungannya," ujar Rizki.


Penulis/editor Fodic

Posting Komentar untuk "Guru SMKN 1 Jeunieb Lulus Kandidat 1000 Guru Motivator Literasi Nasional"