Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepala SMKN 1 Jeunieb Mengajak Siswa Membangun Ketertiban dan Kebersihan di Sekolah

 

Apel pagi menjadi kegiatan rutinitas di SMKN 1 Jeunieb. Seperti hari ini, Rabu (17/1/2024) pagi, arahan apel pagi dipimpin langsung kepala sekolah. 

Mengawali arahannya, kepala sekolah menunjukkan temuan sampah yang sengaja dibuang siswa di dalam salah satu kelas. 

"Mengapa sampah ini kalian buang di lantai kelas bukan di tempat sampah?," tanya kepsek. 

Menurut kepsek,  sekolah merupakan tempat pembentukan karakter bagi para siswa. Selain mendidik dalam hal akademis, sekolah juga bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembang para siswa. 

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, tentunya seluruh elemen sekolah, baik itu siswa, guru, dan tendik perlu menjunjung tinggi  nilai-nilai yang menjadi pondasi dalam menjadikan sekolah sebagai tempat yang penuh dengan ketertiban, keindahan, kebersihan, dan kedisiplinan. 

Mengapa demikian? Karena ketertiban merupakan fondasi utama dalam mencapai suasana belajar yang efektif dan kondusif. Para siswa harus diajarkan untuk menghargai aturan dan disiplin dalam kesehariannya termasuk dalam disiplin membuang sampah pada tempatnya, jelasnya. 

"Demikian juga dengan keindahan. Keindahan mencakup segala aspek, mulai dari estetika fisik bangunan sekolah hingga atmosfer kebersamaan di dalamnya. Dengan merawat keindahan fisik sekolah, kalian akan merasa lebih nyaman dan terinspirasi untuk belajar, 'tegas kepsek. 

Masih lanjut kepsek, menciptakan lingkungan sekolah yang bersih adalah tanggung jawab bersama. Para siswa diajak untuk selalu menjaga kebersihan diri, ruangan kelas, dan lingkungan sekolah agar tetap sehat dan nyaman. 

Untuk merealisasikan kebersihan dan keindahan tersebut semua kita harus memiliki kedisiplinan untuk menjaga kebersihan di  area sekolah. 

"Dengan menjaga ketertiban di sekolah, siswa dapat menciptakan lingkungan yang aman, positif, dan mendukung bagi pembelajaran, 'pungkasnya.

Penulis Helmiza

Editor Riski

Posting Komentar untuk "Kepala SMKN 1 Jeunieb Mengajak Siswa Membangun Ketertiban dan Kebersihan di Sekolah"