Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa TKPI SMKN 1 Jeunieb Belajar Stabilitas Kapal Penangkapan Ikan



Taruna Teknika Kapal Penangkapan Ikan (TKPI) SMKN 1 Jeunieb melaksanakan pembelajaran di luar sekolah, Selasa (30/1/2024) di Lancang, Jeunieb, Bireuen. Materi pembelajaran disampaikan guru TKPI Fera Astryana  S. Kel.  Pembelajaran ini adalah bagian dari mata pelajaran Dasar-dasar Keahlian TKPI dengan elemen Bangunan dan Stabilitas Kapal Penangkapan Ikan (BSKPI).  

Pembelajaran dilakukan dengan berkunjung langsung ke lokasi pembuatan kapal milik nelayan lokal di Lancang. Taruna TKPI diajarkan untuk mengenal dan memahami bagian-bagian pada kapal penangkap ikan. Selanjutnya mereka melakukan pengukuran panjang, lebar dan tinggi kapal dengan ketentuan standar yang berlaku untuk kapal penangkapan ikan. 

Fera menjelaskan bahwa dengan belajar langsung melihat bendanya dan melakukan pengukuran terhadap kapal maka siswa akan mudah memahami daripada hanya mendengarkan penyampaian teori. 

Ukuran utama kapal adalah pengukuran yang dilakukan pada cara membujur dan melintang. Ukuran utama kapal juga terdapat pada kapal perikanan. Kapal perikanan adalah kapal untuk aktivitas perikanan, seperti menangkap dan mengumpulkan hasil perikanan, mengelola hasil budidaya, dan untuk beraktivitas di perairan. Pengukuran kapal bertujuan untuk menentukan tonase kotor dan bersih pada sebuah kapal sebelum dioperasikan.

Pengukuran utama pada kapal dilakukan secara membujur dan melintang. Pengukuran secara membujur dilakukan pada bagian panjang kapal. Lalu, pengukuran secara melintang pada lebar kapal, dalam kapal, dan sarat kapal. 

Kegiatan pembelajaran juga didampingi oleh beberapa guru yang merupakan hasil sinkronisasi kurikulum TKPI dengan mata pelajaran umum, diantaranya mata pelajaran matematika, Dahliani, S. Pd, MM, Bahasa Indonesia Zakiah, S. Pd, Dra. Yurismini bimbingan konseling, Firza, S. PdI dan Rizki Adisty, S. Si guru produktif TKPI

Penulis Riski Adisty

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Siswa TKPI SMKN 1 Jeunieb Belajar Stabilitas Kapal Penangkapan Ikan "