Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Mengapa Memilih SMK


Berikut adalah alasan mengapa memilih SMK daripada SMA:

1. Memiliki Peluang Mendapatkan Pekerjaan Lebih Awal

Berbeda dengan SMA, pelajar SMK akan dibekali dengan keahlian tertentu yang tertuang dalam mata pelajaran. Hal itu dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan lulusan SMK agar memiliki kompetensi tersendiri setelah lulus. Dengan keahlian yang dimiliki, lulusan SMK lebih siap kerja sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan lebih awal.


2. Terdapat Banyak Pilihan Bidang Keahlian

SMK memiliki banyak bidang keahlian sehingga kamu dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat. Jurusan yang dibuka biasanya juga menyesuaikan dengan kebutuhan industri di kabupaten/kota SMK berada. Mendalami bidang keahlian yang disukai sejak dini akan membantu kamu untuk menguasai lebih banyak.


3. Memiliki Bekal Kewirausahaan

Selain memiliki bekal kejuruan, memilih SMK juga membantu kamu untuk memiliki bekal dibidang kewirausahaan. Kamu akan mendapatkan mata pelajaran kewirausahaan sekaligus praktek. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mendapatkan pengalaman dalam hal berwirausaha.


4. Dapat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Jika kamu ingin memperdalam bidang ilmu yang kamu miliki, maka kamu dapat memilih program studi yang selaras dengan jurusan di SMK. Kamu juga dapat memperoleh bidang keahlian baru karena saat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, kamu tidak harus mengambil program studi yang sama dengan jurusan saat di SMK





5. Memperoleh Pengalaman dari PKL

Siswa SMK akan memiliki gambaran terkait situasi di dunia kerja melaui program Praktek Kerja Lapangan (PKL). Setiap siswa SMK wajib melaksanakan PKL. Kegiatan ini dilaksanakan ketika siswa duduk di kelas XII semester 5 selama 6 bulan. 

6. Mendapatkan Mata Kuliah Praktek Lebih Banyak

Jika dibandingkan dengan SMA, pelajar SMK akan lebih banyak mendapatkan mata pelajaran praktek. Hal itu dikarenakan siswa/i juga dipersiapkan untuk memiliki keahlian dan kompetensi tertentu setelah lulus nanti.

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "6 Alasan Mengapa Memilih SMK"