Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Pesan Pembina Upacara SMKN 1 Jeunieb: Hidup Bagaikan Botol

Setiap hari Senin, SMKN 1 Jeunieb melaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai.

Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan SMKN 1 Jeunieb. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).


Pada hari senin, 19 Februari 2024, pembina upacara kali ini adalah Ketua Jurusan Agribisnis Pengolahan Air Tawar (APAT) Idayana, S. Pi. Peserta upacara adalah seluruh peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan SMKN 1 Jeunieb. 

Dalam amanatnya Idayana memberikan motivasi kepada seluruh peserta upacara bahwa hidup ini bagaikan sebuah botol. 

Menurut Idayana  jika sebuah botol diisi air mineral, maka harganya hanya 3 ribuan saja. Tetapi, jika kalau diisi jus buah, harganya 10 ribuan. Kalau diisi Madu, harganya ratusan ribu. Kalau diisi minyak wangi harganya bisa jutaan. Dan kalau diisi air comberan, hanya akan dibuang dalam tong sampah karena tidak ada harganya. 




Walaupun sama-sama dikemas dalam BOTOL tetapi berbeda nilainya, sebab “isi” yang ada di dalamnya berbeda. 

Begitu juga dengan hidup kita. Yang membedakannya adalah; *KARAKTER* yang ada didalam diri kita.

Ilmu dan pemahaman yg benar akan membangun karakter yg benar. Sukses tidak diukur dari yang kta capai sekarang, tapi dari kesulitan kesulitan yg berhasil kita atasi. 

Bila kita mengisi hati dengan penyesalan masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan, hampir pasti kita tidak akan memiliki hari ini untuk mensyukuri.

Hujan dan Badai akan selalu kita temui dalam perjalanan hidup ini, namun Hujan besar itu seperti tantangan hidup. Tidak perlu berdoa memohon hujan berhenti, tetapi cukup berdoa agar Payung kita bertambah kuat. 

Editor Fodic

Posting Komentar untuk " Ini Pesan Pembina Upacara SMKN 1 Jeunieb: Hidup Bagaikan Botol"