Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkuat Kemitraan, SMKN 1 Jeunieb Teken MoU dengan PT. Suzuki Armada Banda Jaya

SMKN 1 Jeunieb terus meningkatkan jejaring kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya PT Suzuki Armada Banda Jaya Bireuen. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Kamis, 29 Februari 2024 di Seulanga Meeting Room SMKN 1 Jeunieb. 

Dalam penandatanganan kerjasama tersebut, SMKN 1 Jeunieb diwakili Kepala Sekolah Feri Irawan, SSi, MPd bersama Wakasek Hubungan industri, Heri Budiyanto, S. ST dan Ketua Jurusan Otomotif Dodi Zulfahmi S.Pd. Sementara PT Suzuki Armada Banda Jaya diwakili Edi Saputra sebagai Service Manager industri tersebut. 



Kepala SMKN 1 Jeunieb, Feri Irawan mengatakan, kerja sama tersebut sebagai meningkatkan sinergi antara sekolah dengan dunia usaha atau dunia industri. Khususnya dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL), program magang guru, program guru tamu, penyelarasan kurikulum, rekrutmen lulusan, pembelajaran project based learning, dan pelaksanaan penelitian terapan (Teaching Factory).

Kerja sama ini diperuntukan untuk Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Inti dari kerja sama ini bagaimana memfasilitasi pertukaran informasi dari dunia industri ke pendidikan, misalnya melalui pelatihan-pelatihan mengenai kebutuhan serta memfasilitasi pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan permintaan kebutuhan pasar dunia industri,” katanya.

Perjanjian kerjasama yang dilakukan untuk lima tahun kedepan ini ditandatangani diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mekanik otomotif peserta didik dan menjadi bekal dalam berwirausaha atau mencari pekerjaan di dunia Industri.

Menurut Feri, kerja sama tersebut tidak hanya sebatas di atas kerja. Namun lebih dari itu, diharapkan terbangun kepercayaan dan kesepahaman dari kedua belah pihak, antara pekerja dan pemberi kerja.

MoU sesungguhnya yang bisa dilihat dari kemampuanya siswa saat magang di sana atau keterserpannya di dunia industri. Khususnya pada kompetensi keahlian siswa sehingga ke depan bisa memberikan manfaat bagi kedua institusi,” tutupnya.

Penulis Riski Adisty

Editor Fodic

Posting Komentar untuk "Perkuat Kemitraan, SMKN 1 Jeunieb Teken MoU dengan PT. Suzuki Armada Banda Jaya"