Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa SMKN 1 Jeunieb mengikuti Try Out SNBT


Salah satu kelebihan sekolah di SMK dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tentunya bagi lulusan SMK yang ingin memperdalam bidang ilmu yang dimiliki, maka dapat memilih program studi yang selaras dengan jurusan di SMK. Atau lulusan SMK juga dapat memperoleh bidang keahlian baru karena saat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, tidak harus mengambil program studi yang sama dengan jurusan saat di SMK

Menyikapi hal tersebut di atas, sebanyak 17 orang siswa kelas XII SMKN 1 Jeunieb, Selasa (6/1/2024) mengikuti Try Out Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) secara online yang diselenggarakan oleh Rumah Belajar Fajar Harapan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Aceh. Kegiatan ini berlangsung  di pojok literasi SMKN 1 Jeunieb dengan diawasi oleh satu orang pengawas dari guru setempat. 

Untuk diketahui bersama, tahun 2024 pelaksanaan Seleksi Tertulis Masuk Perguruan Tinggi tidak lagi ada lagi soal-soal berbasis mata pelajaran. Mulai tahun lalu, soal tes SNBT lebih ke kemampuan penalaran dan logika siswa. Siswa kelas XII tidak dituntut menghafal pelajaran dalam tes ini tapi lebih menekankan kepada kemampuan berpikir secara umum.

“Jadi ya hitung-hitung Try Out ini sebagai media pengenalan untuk tes sesungguhnya SNBT 2024, dan juga sebagai alat siswa untuk mengukur kemampuan serta evaluasi diri”, papar Saufaziah, S. Pd Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 1 Jeunieb. 

“Tidak masalah meskipun 17 orang siswa kelas XII yang ikut Try Out ini. Karena anak SMK memang lebih diarahkan untuk kerja dan berwirausaha dibandingkan kuliah,” pungkasnya.

Adapun try out SNBT ini terbagi menjadi 4 subtes yakni potensi kognitif, literasi Bahasa Inggris, literasi Bahasa Indonesia dan penalaran matematika.

Dijumpai setelah tes, salah satu peserta try out SNBT yang bernama Rauzatul Jannah dari Kelas XII Tata Busana berkata, "agak susah Pak, terutama di bagian literasi Bahasa Inggris. Insyaallah akan belajar lebih giat lagi".

Dihubungi terpisah, kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, SSi MPd menyatakan rasa terima kasihnya kepada Rumah Belajar Fajar Harapan dan Disdik Aceh karena telah menyelenggarakan tryout SNBT ini secara gratis. 

Feri menyambut positif kegiatan try out ini, Pasalnya dengan adanya adanya kegiatan ini siswanya semakin banyak berlatih untuk menghadapi SNBT 2024.

Penulis Fodic

Posting Komentar untuk "Siswa SMKN 1 Jeunieb mengikuti Try Out SNBT "