Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Gelar Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK

Dalam rangka mensukseskan Program SMK Pusat Keunggulan skema reguler lanjutan tahap 1 tahun 2024. SMK Negeri 1 Jeunieb mengadakan Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK, 27-29 Mei 2024. Menghadirkan narasumber Widyaswara dari BPPMPV KPTK Gowa, Sulsel, Rakhmat Syam, SST.Pi MSi.

Kegiatan ini bertujuan agar GTK di SMK Negeri 1 Jeunieb menjadi guru dan tenaga kependidikan yang "mampu" dan profesional di bidangnya, khususnya di jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan. Selain itu, sebagai bentuk pengoptimalan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran Teaching Factory atau Tefa.



Pengembangan kapabilitas guru di SMK adalah upaya berkelanjutan yang memerlukan komitmen dan kerjasama dari seluruh komunitas sekolah. Dengan perencanaan dan implementasi yang baik, peningkatan kapabilitas GTK dapat memberikan kontribusi positif pada mutu pendidikan di SMK.

Acara pembukaan berlangsung di Seulanga Meeting Room, Senin (27/5), diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, sambutan kepala SMK Negeri 1 Jeunieb dan menyampaikan materi oleh narasumber.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan SMK Pusat Keunggulan tahun 2024. Maka diadakan workshop untuk menjadi GTK SMKN 1 Jeunieb yang “capable” yang memiliki standar kerja profesional serta terus belajar untuk memberikan perubahan yang nyata di dunia pendidikan pada umumnya dan di SMKN 1 Jeunieb khususnya, "ungkap kepala sekolah Feri Irawan, SSi, MPd 

“Dengan meningkatnya kapabilitas GTK di SMKN 1 Jeunieb maka harapannya nanti dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswa, "imbuhnya

Sementara menurut narasumber bahwa Membangun TeFa dan berjalannya BLUD sekolah itu perlu kolaborasi seluruh guru baik kejuruan maupun bidang umum. Pemahaman TeFa berkaitan dengan Kurikulum Merdeka. Maka, acara ini diadakan untuk memberi pemahaman tentang itu, ungkapnya.





“Kapabilitas GTK, artinya kemampuan lebih paham secara mendetail sehingga benar-benar menguasai kompetensi. Kapabilitas guru dipecah menjadi 3 substansi diantaranya membangun konten, menerapkan konsep dan ide kreatif serta melaksanakan proses pembelajaran. Peningkatan kapabilitas merupakan upaya mengembangkan diri secara terus menerus(upgrade)” , terang Rakhmat Syam. 

Pada hari kedua dan ketiga, kegiatan berlangsung di Laboratorium Alat Navigasi SMKN 1 Jeunieb, Di bengkel ini guru diajarkan bagaima mengoperasikan alat navigasi elektronik. 


Penulis FeraA

Editor Humas

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Gelar Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK"