Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

P5 SMKN 1 Jeunieb: Mengejar Impian Ala Mahatma Ghandi

P5  SMKN 1 Jeunieb mulai datang kembali menyapa peserta didik kelas X dan XI dengan kegiatan-kegiatan yang lebih seru dan berpusat ke peserta didik.  P5 kali ini berlangsung pada tanggal 3/5/2024 sampai dengan 8/5/2024 dengan tema yang sama untuk kelas X dan XI  yaitu Kebekerjaan. 


Setiap kelas masih sama didampingi oleh fasilitator, yang berbeda kali ini Guru produkti/guru jurusan ikut serta dalam P5 kali ini untuk memberikan materi tentang tema kebekerjaan sesuai dengan jurusan masing-masing. 

Menurut tim modul P5, ibu Tuti Alawiyah, SPi, MM, ” Untuk kebekerjaan kelas X lebih menekankan pada impian dan cita-citaku dengan harapan peserta didik dapat menentukan tujuan hidup yang ingin dicapai dengan memiliki impian dan cita-cita. Modul yang sudah kami rancang dengan tim modul P5, dimana modul ini diberikan kepada guru SMKN 1 Jeunieb sebagai fasilitator untuk mencapai kegiatan kurikuler dan kokurikuler yang bertema kebekerjaan dengan judul impian dan cita-citaku, di mana nantinya fasilitator diharapkan menggali informasi terlebih dahulu tentang karakter kompetensi keahlian masing-masing kelas X dan dapat menentukan tujuan hidup yang ingin dicapai dengan memiliki impian dan cita-cita mereka.  Seperti kata Mahatma Gandhi, "Masa depan tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini ”.


Untuk kelas XI dengan tema kebekerjaan berjudul berkarya dan bersikap dengan 5R dan sesuai SOP, disini dengan harapan peserta didik menunjukkan  kebiasaan bekerja sesuai dengan budaya kerja industri 5R (ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin) atau sesuai dengan prosedur. Diharapkan fasilitator dapat menggali informasi  terlebih dahulu kepada peserta didik terhadap 5R dan SOP dalam dunia industri untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan P5 kebekerjaan di kelas XI dengan harapan nantinya peserta didik dapat menerapkan saat disekolah maupun saat nanti mulai melaksanakan Praktik Kerja Lapangan.

P5 kebekerjaan  kelas X untuk detail kegiatan seputar dengan impian dan cita-cita mereka meliputi pembuatan IKIGAI ( istilah yang diambil dari Bahasa Jepang untuk mendeskripsikan tentang makna atau nilai kehidupan ) , Peserta mendeskripsikan impian kesuksesan yang diharapkan dalam bentuk river of life. River of life adalah metode visual yang menggambarkan masa lalu, masa kini dan masa depan, membuat profil diri (CV), serta mempresentasikan dikelas profil kebekerjaan sesuai dengan minat peserta didik.  Sedangkan untuk kelas XI kegiatan P5 kebekerjaan meliputi membuat mind mapping 5R, mulai membuat konsep proyek kelompok yang menghasilkan barang/jasa dan sesuai dengan bidang jurusannya, peserta didik mempresentasikan rencana proyek yang akan di buat, selanjutnya peserta didik mulai membuat pesanan sesuai dengan orderan dari konsumen, dan mencari konsumen untuk membeli jasa/barang yang mereka produksi. 

Kegiatan P5 tema kebekerjaan ini, tidak hanya dinikmati oleh peserta didik maupun fasilitator saja tetapi juga seluruh guru/karyawan SMKN 1 Jeunieb juga menikmati kegiatan P5 kali ini. Semoga P5 kali ini  dengan tema kebekerjaan dapat menambah wawasan peserta didik untuk dapat mengenal impian/minat mereka di jurusan mereka dan melatih mereka berwirausaha dengan budaya kerja seperti di industri.

Penulis Fodic

Editor Humas

Posting Komentar untuk "P5 SMKN 1 Jeunieb: Mengejar Impian Ala Mahatma Ghandi"