Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa SMKN 1 Jeunieb Belajar Table Manner di Hermes Palace Hotel

Dalam rangka menambah pengalaman di DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) dan meningkatkan kompetensi siswa Kompetensi Keahlian Perhotelan SMKN 1 Jeunieb memberikan bekal pengalaman kepada siswa kelas X melakukan table manner di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh. Kegiatan dilaksanakan Selasa (11/6/2024) diikuti 17 siswa dengan enam guru pendamping.

Menurut Kepala SMKN 1 Jeunieb, Feri Irawan, SSi MPd, menjelaskan bahwa fungsi utama dari table manner (jamuan makan international) adalah untuk mengajarkan sopan santun khususnya saat makan di meja makan dengan mengikuti instruksi sesuai standar yang telah menjadi patokan secara universal.

"Selain itu, siswa merasa senang karena mempunyai pengalaman baru juga mendapat informasi mengenai dunia perhotelan, termasuk dari harga hingga lay out ruangan, dll., " papar Feri Irawan. 

Sementara, Maryani, SST Par. Gr, Kepala Program Keahlian Perhotelan mengatakan, siswa perhotelan perlu mendapatkan pengalaman mengunjungi hotel dan pengetahuan tata cara makan formal.

Diawali dengan penjelasan tata cara ketika masuk ke ruang makan sampai ketika duduk di meja makan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tata cara ketika di meja makan mulai dari meletakkan serbet, cara menggunakan peralatan makan di meja makan, serta etika yang harus dilakukan dan tidak dilakukan ketika di meja makan.

Semua teori tersebut langsung dipraktikan oleh siswa melalui jamuan makan yang diberikan oleh hotel yang dibagi menjadi beberapa tahapan makanan yaitu makanan pembuka (appetizer), sup (soup), makanan utama (main course), dan makanan penutup (dessert).

“Siswa akan mendapatkan pengalaman jamuan makan formal, mulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup, termasuk bagaimana cara menyantap makanan tersebut dengan kenyamanan dan table setting-nya, Mulai dari cara duduk, memakai dan meletakan serbet itu semua ada aturannya ” ujar Maryani.


Penulis Humas

Editor Dahliani

Posting Komentar untuk "Siswa SMKN 1 Jeunieb Belajar Table Manner di Hermes Palace Hotel"