Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Terima Kunjungan Studi Tiru Entrepreneur SMAIT Muhammadiyah Bireuen


SMKN 1 Jeunieb mendapat kunjungan istimewa dari SMAIT Entrepreneur Muhammadiyah Bireuen, Rabu (5/62024) pagi. Kunjungan ini bertujuan untuk belajar entrepreneur dan kewirausahaan yang telah diterapkan di SMKN 1 Jeunieb.

Kunjungan dari SMAIT Muhammadiyah Bireuen diterima oleh Kepala SMKN 1 Jeunieb, Bapak Feri Irawan, M.Pd, bersama dengan Waka Kurikulum, Ibu Dahliani, MM, Waka Humas, Bapak Heri Budiyanto, S. ST, dan Pengelola BLUD SMKN 1 Jeunieb Ibu Maryani, S. Pd. Gr, di ruang kepala sekolah. Kunjungan ini diikuti oleh tujuh orang guru dari SMAIT Muhammadiyah Bireuen yang dipimpin oleh Bapak kepala sekolah Dr. Rizki Dasilva. 


Diawali dengan pemutaran video profil SMKN 1 Jeunieb. Selanjutnya sambutan Kepala Sekolah Feri Irawan menyampaikan bahwa SMKN 1 Jeunieb merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan Bidang Kemaritiman dan sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) serta memiliki beberapa produk dan jasa untuk dipasarkan. 

"SMK Negeri 1 Jeunieb memiliki delapan kompetensi keahlian, dimana masing-masing memiliki produk unggulan yang berhasil diproduksi siswa,” kata Feri Irawan.

Kami menyambut dengan antusias kunjungan dari SMAIT Muhammadiyah Bireuen. SMKN 1 Jeunieb akan menyambut baik semua pihak yang ingin melakukan studi tiru di SMKN 1 Jeunieb, tidak hanya mengenai pelaksanaan kewirausahaan tapi juga dalam hal lainnya,” jelas Feri. 

Beliau mengapresiasi minat dan antusiasme dari sekolah tersebut untuk belajar mengenai  entrepreneur di SMKN 1 Jeunieb. 

"Kami sangat senang dapat menerima kunjungan dari SMAIT Entrepreneur Muhammadiyah Bireuen. Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi kedua sekolah,” kata Bapak Feri Irawan.

Sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMKN 1 Jeunieb terus berusaha untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan sesuai dengan perkembangan teknologi. Selain itu, SMKN 1 Jeunieb juga tidak pelit berbagi ilmu kepada pihak-pihak yang ingin belajar bersama dalam memajukan pendidikan, paparnya. 

Sementara, Pengelola BLUD SMKN 1 Jeunieb Maryani, S.ST. Par. Gr menjelaskan dari delapan jurusan masing-masing menghasilkan produk TeFa diantaranya jurusan Agribisnis Pengolahan Air Tawar (APAT) memfokuskan pada pembelajaran tentang pengolahan ikan menjadi komoditas bernilai jual tinggi, salah satu produk utamanya adalah Lele Frozen (LeFroz), Abon Ikan Tongkol (Aito), Bandeng Fresto (Besto), dan usaha Penangkaran Lele, jelasnya.

Ditambahkannya, Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) menghasilkan jasa pelayanan servis kendaraan. Kompetensi Teknik Permesinan menghasilkan engsel bubut.

Tidak itu saja, produk TeFa SMK Negeri 1 Jeunieb juga ada kerupuk ikan lele, aneka cemilan dari bahan baku ikan (fish ball crackers, fish flat crackers, fish stick crackers), makaroni stek keju, keripik ubi rasa jagung, dan keripik ubi rasa balado.

Sementara Wakakur Dahliani, MM menjelaskan pembelajaran sistem blok dan strategi pemasaran produk yang diterapkan sekolah. 

"Dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) kita mengenal materi tentang Media Promosi. Dimana media promosi ini merupakan cara yang dilakukan oleh pembisnis dalam menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan produk atau jasa yang dijualnya supaya calon konsumen tertarik untuk membeli," jelas Dahliani. 

Sementara siswa ikut membantu mempromosikan kepada masyarakat melalui media sosial, intagram, facebook dan media sosial lainnya," ujarnya

Rombongan dari SMAIT Muhammadiyah Bireuen mengaku sangat terkesan dengan produk dan manajemennya yang ada di SMKN 1 Jeunieb. Mereka berharap dapat menerapkan hal-hal yang baik dari SMKN 1 Jeunieb di sekolah mereka. 

“Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi kami. Apalagi sekolah kami berbasis Islam Terpadu Ertrepreneur. Kami mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru tentang ertrepreneur dan kewirausahaan di SMKN 1 Jeunieb,” kata Dr. Rizki Dasilva Kepala SMAIT Entrepreneur Muhammadiyah Bireuen

Dengan terselenggaranya kegiatan studi tiru ini, diharapkan kedua sekolah dapat saling belajar dan bertukar informasi untuk meningkatkan kualitas ertrepreneur dan kewirausahaan.

Selanjutnya rombongan studi tiru diajak mengunjungi laboratorium alat navigasi kapal. Kunjungan dari SMAIT Entrepreneur Muhammadiyah Bireuen berakhir dengan sesi foto bersama. Kedua sekolah berharap dapat menjalin kerjasama yang baik dan saling belajar dalam bidang pendidikan.


Penulis HeriB

Editor Humas

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Terima Kunjungan Studi Tiru Entrepreneur SMAIT Muhammadiyah Bireuen"