Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gandeng Balai Bahasa, SMKN 1 Jeunieb Gelar Penguatan Numerasi

SMK Pusat Keunggulan Bidang Kematiriman SMK Negeri 1 Jeunieb mengadakan Workshop Penguatan Numerasi  kerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Aceh, Selasa-Rabu (23-24/7/2024). Workshop ini berlangsung di Seulanga Meeting Room SMK Negeri 1 Jeunieb, Bireuen. Workshop dihadiri Bapak Kepala Sekolah dan para guru SMK Negeri 1 Jeunieb. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kemampuan literasi numerasi memberikan berbagai manfaat, seperti memiliki pengetahuan dan kecakapan dalam melakukan perencanaan dan pengelolaan kegiatan yang baik, mampu melakukan perhitungan dan penafsiran terhadap data yang ada di dalam kehidupan sehari-hari, dan mampu mengambil keputusan yang tepat di dalam setiap aspek kehidupannya.



Menghadirkan narasumber dari Balai Bahasa Provinsi Aceh , Ibu Syarifah Zurriati, SS, beliau memberikan materi tentang pentingnya budaya literasi dan numerasi di lingkungan sekolah karena sangat berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Adapun 6 literasi dasar tersebut antaralain : 1. Literasi Baca Tulis, 2. Literasi Numerasi, 3. literasi Sains, 4. Literasi Digital, 5. Literasi Finansial, 6. Literasi Budaya dan Kewargaan. Beliau menambahkan, untuk menjadi seorang yang numerat diperlukan pengetahuan matematika yang meliputi pemahaman konsep, ketrampilan dan strategi pemecahan masalah, dan kemampuan dalam membuat taksiran.

Masih menurut Syarifah, kemampuan numerasi yang baik perlu untuk mengambil keputusan tepat agar apa yang dilakukan, baik dalam keseharian maupun pekerjaan, dapat berjalan lancar. Pada sesi penyusunan program literasi, peserta berdiskusi secara berkelompok menyusun rancangan program literasi yang dapat dilaksanakan di sekolah.

Pembukaan workshop diawali dengan sambutan Kepala SMK Negeri 1 Jeunieb, Bapak Feri Irawan, SSi, MPd. Beliau menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk mengembangkan potensi siswa dan guru dalam kemampuan Numerasi yang nantinya akan berdampak pada kenaikan kualitas rapor pendidikan SMKN 1 Jeunieb.  

Selain itu, kepsek mengatakan literasi dan numerasi adalah kecakapan yang diperlukan para siswa agar bisa mengembangkan keterampilan dalam hidup. Literasi dan numerasi tidak hanya teori, tetapi perlu pemahaman konsep dan implementasi yang memadai.

Dalam workshop ini kepala sekolah juga mengajak guru SMKN 1 Jeunieb dapat menerapkan apa yang disampaikan pemateri dalam praktek pembelajaran, sehingga terciptanya mutu pendidikan dan inovasi-inovasi baik dalam memajukan budaya literasi dan pendidikan di SMKN 1 Jeunieb, papar Feri. 

Workshop ini akan berlanjut hingga dua hari ke depan dengan materi-materi lain yang berkaitan dengan Numerasi. Workshop ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan Numerasi pada pembelajaran di SMKN 1 Jeunieb. 

Dengan adanya workshop penguatan numerasi di SMKN 1 Jeunieb ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan numerasi para warga sekolah sehingga berdampak pada peningkatan kualitas rapor pendidikan sekolah.

Penulis RizkiA

Editor FeraA

Posting Komentar untuk "Gandeng Balai Bahasa, SMKN 1 Jeunieb Gelar Penguatan Numerasi"