Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Pesan WKS Hubin SMKN 1 Jeunieb: Kiat Bekerja di Luar Negeri

Upacara Bendera pekan ketiga di SMK Negeri 1 Jeunieb, Senin (29/7) pagi berlangsung dengan khidmad, diikuti seluruh siswa bersama guru dan tenaga kependidikan. Upacara dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarat dan Hubungan Industri (Hubin) Heri Budiyanto, SST.

Dalam amanatnya, pembina menyampaikan "Kiat bekerja di luar negeri bagi lulusan SMK". Menurut Heri, bagi lulusan SMK yang ingin meniti karir di luar negeri, prosesnya tidaklah mudah. Namun, dengan persiapan yang matang dan tekad yang kuat, peluang untuk bekerja di luar negeri bisa menjadi kenyataan. 


Bagaimana caranya? Menurut Heri, satu langkah awal yang sangat penting adalah mempelajari bahasa asing, terutama bahasa yang digunakan di negara tujuan.

"Menguasai bahasa asing akan mempermudah  dalam berkomunikasi sehari-hari dan menjalin hubungan dengan rekan kerja serta masyarakat setempat, " papar Heri. 

Selanjutnya, persiapkan dokumen-dokumen penting. Sebelum berangkat, pastikan memiliki semua dokumen penting seperti paspor, visa, dan izin kerja yang diperlukan. Konsultasikan dengan agen perjalanan atau kantor imigrasi untuk memastikan bahwa semua dokumen lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku. 


Di samping itu, para pencari kerja harus mencari informasi tentang negara tujuan. Sebelum berangkat, lakukan riset tentang negara tujuan. Pelajari budaya, adat istiadat, sistem kerja, dan aturan-aturan yang berlaku di negara tersebut. Informasi ini akan membantu kita beradaptasi dengan lingkungan baru dan memahami apa yang diharapkan dari kita sebagai pekerja di negara tersebut.

Tak kalah pentingnya, persiapkan keahlian dan sertifikasi yang relevan. Untuk meningkatkan peluang kerja di luar negeri, persiapkan keahlian dan sertifikasi yang relevan dengan bidang pekerjaan yang diminati. Misalnya, jika kita lulusan SMK jurusan APHP dan ingin bekerja di industri perhotelan, memiliki sertifikasi keahlian dalam bidang tersebut akan memberikan nilai tambah pada CV Anda. 

Selanjutnya, mengikuti training dan workshop terkait. Mengikuti training dan workshop terkait dengan pekerjaan yang diminati akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda. Selain itu, ini juga dapat menjadi nilai tambah dalam CV Anda dan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Penulis Fodic

Editor Humas

Posting Komentar untuk "Ini Pesan WKS Hubin SMKN 1 Jeunieb: Kiat Bekerja di Luar Negeri"