Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa SMKN 1 Jeunieb Antusias Belajar Berbahasa Jepang

Belajar berbahasa asing terkadang sangat kurang diminati oleh para siswa, mereka mangaku malas hingga mengaku sulit untuk dipelajari. Namun, berbeda dengan 12 (duabelas) siswa SMKN 1 Jeunieb ini, justru antusias dan semangat untuk belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Jepang.

Menurut Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, SSi, MPd, kegiatan pelatihan bahasa Jepang dan pengenalan budaya Jepang akan dimulai hari ini, Selasa (16/7) hingga tiga bulan kedepan. Target akhir dari kegiatan ini adalah ada alumni dari SMKN 1 Jeunieb yang nantinya bisa bekerja di luar negeri (Jepang). Oleh karena itu para siswa terlebih dahulu harus diasah keterampilannya melalui penguatan atau intensif pembelajaran bahasa Jepang di sekolah bekerjasama dengan LPK Unill Skill Languange Depok, Jabar.


Sebagai sekolah yang mendapatkan predikat sekolah pusat keunggulan (PK), program magang luar negeri menjadi salah satu program wajib yang harus kami laksanakan, jelas Feri yang didampingi Waka Hubungan Industri Heri Budiyanto, SST. 

"Untuk menuju kesana tentunya sekolah harus menyiapkan SDM yang sesuai kebutuhan dunia industri di negeri Sakura tersebut. Salah satunya, ya penguatan bahasa Jepang dan pengenalan Budaya Jepang, " ujar Feri. 


Salah satu peserta, Muhammad Irfan taruna kelas XII NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) mengaku sangat sedang berbahasa Jepang, dan belajar keterampilannya. Karena cara pemberian materinya juga enak dan gampang dipahami. “Walaupun kami masih terbata-bata dalam berbahasa Jepang, namun Seisei Wahab Ishak dengan gerakan-gerakannya, akhirnya mudah dipahami,” katanya

Menurut Seisei Wahab Ishak sang mentor dari LPK Unill Skill Language, ada manfaat yang luar biasa bila siswa nantinya mampu menguasai Bahasa Jepang dan budayanya. 

Pertama, Meningkatkan skill individu. Belajar bahasa Jepang akan membuat siswa bisa bersaing di dunia kerja sehingga peluang untuk diterima sangat terbuka lebar. Tidak hanya itu saja, siswa juga akan mendapatkan banyak pengetahuan dan terus berkembang. 

Kedua, Membuka kesempatan untuk bekerja di perusahaan Jepang. Ketika memiliki kemampuan Bahasa Jepang yang baik maka kesempatan untuk bekerja di perusahaan akan sangat terbuka lebar. 

Perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia pasti akan mencari kandidat yang mahir berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang.

Ketiga, kunci mengenal budaya Jepang. Bahasa menjadi salah satu kunci untuk mengenal kebudayaan suatu daerah atau negara. Ini dikarenakan bahasa digunakan dalam berbagai aktivitas. Bagi yang ingin mengenal budaya Jepang maka harus menguasai Bahasa Jepang.

Keempat, meningkatkan peluang memperoleh beasiswa. Menguasai Bahasa Jepang berarti kesempatan untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan di luar negeri, terutama ke Jepang sangat besar.

Lima, menambah pertemanan dan wawasan. Memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang baik maka akan dengan mudah menjalin komunikasi dengan orang Jepang. Komunikasi yang dibangun tentu akan memberikan banyak wawasan dan pengetahuan baru. Jika sudah begini maka bisa dengan mudah untuk mengetahui Jepang dari berbagai sisi.

Penulis Humas

Editor FeraA

Posting Komentar untuk "Siswa SMKN 1 Jeunieb Antusias Belajar Berbahasa Jepang"