Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Gelar Penguatan Kewirausahaan Melalui Mapel Kejuruan & IPAS


SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Jeunieb menggelar Penguatan Kewirausahaan Melalui Mapel Kejuruan & IPAS (Kelas X), Rabu (24/7) di Lab. Alat Penangkap Ikan. 

Kegiatan ini mendatangkan dua narasumber, yaitu Kepala Bidang Industri dari Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bireuen, Azhar, SE dan Praktisi UMKM juga guru SMKN 4 Lhokseumawe, Cut Sujanna Depi, S.Pd


Dalam penyampaian materi, Azhar, SE menegaskan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bireuen bersedia untuk berkolaborasi dengan SMK Negeri 1 Jeunieb dalam pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri lokal. Sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain itu, Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan UMKM  bersedia memanggil guru SMK Negeri 1 Jeunieb pada Pelatihan Kewirausahaan yang diadakan untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan guru dan siswa SMK, seperti manajemen bisnis, pemasaran, dan keuangan.

"Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan UMKM  juga bersedia  menjembatani SMK Negeri 1 Jeunieb untuk menjalin Kemitraan dengan UMKM di kabupaten Bireuen sesuai dengan bidang keahlian yang ada di SMK," papar Azhar. 


Selain itu, SMK Negeri 1 Jeunieb juga berkesempatan berdiskusi dan mendapat Bimbingan Perizinan Usaha. Sehingga siswa dan lulusan SMK Negeri 1 Jeunieb  dapat  memahami dan mengurus perizinan usaha, termasuk aspek hukum yang terkait dengan mendirikan dan menjalankan usaha.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, narasumber kedua juga Praktisi UMKM Cut Sujanna Depi memaparkan dan mempraktikkan tentang Ecoprintring, yaitu salah satu teknik cetak dengan pewarnaan kain yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. 

Cut Sujanna Depi mempraktikkan bagaimana menggunakan daun dan tumbuhan seperti daun jati, daun jarak, daun ubi, daun pakis, dan lainnya sebagai pewarna kain.

Sementara menurut kepala SMKN 1 Jeunieb, Feri Irawan, SSi MPd saat memberikan sambutan menegaskan pentingnya membangun karakter dan jiwa entrepreneurship di sekolah supaya siswa dan guru mampu mengembangkan bakatnya dalam dunia kewirausahaan.

Penulis RizkiA

Editor Yuanita

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Gelar Penguatan Kewirausahaan Melalui Mapel Kejuruan & IPAS"