Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50 Siswa SMKN 1 Jeunieb Mengikuti Asesmen Nasional 2024

Sebanyak 50 siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jeunieb mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024

Kegiatan yang digelar Senin dan Selasa, 19 dan 20 Agustus 2024 yang bertempat di Laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Jeunieb.

Pada ANBK 2024 ini, sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan yang tersebar dari seluruh konsentrasi keahlian.

Pelaksanaan AN dibagi dalam tiga sesi. Per sesi diikuti 15 orang siswa. AN merupakan program Kemendikbudristek yang dimaksudkan untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan

Menurut Panitia Pelaksana ANBK SMK Negeri 1 Jeunieb, Dahliani, SPd.,MM, pelaksanaan asesmen dilaksanakan dalam 3 tahapan asesmen.

Menurutnya, yang pertama Asesmen Kompetenti Minimum (AKM). Dimana para siswa diukur dalam hal literasi membaca dan literasi matematika.

Kedua, survei karakter. Dimana hal ini dimaksudkan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan serta kebiasaan siswa.

Ketiga, survei lingkungan belajar. Dimana para siswa diukur kualitas dari berbagai aspek proses belajar mengajar di kelas.

"AN tidak menentukan kelulusan siswa. AN hanya menjadi dasar dilakukannya perbaikan fasilitas, layanan, dan hal lain yang berkaitan dengan proses pembelajaran di sekolah, " papar Dahliani, yang juga calon guru penggerak angkatan XI. 

Sementara, menurut Kepala SMK Negeri 1 Jeunieb, Feri Irawan, SSi, MPd, menjelaskan hasil asesmen tahun 2023 yang keluar di tahun 2024 mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. 

"Kemampuan literasi dan kemampuan numerasi masih berwarna merah alias masih rendah. Semoga hasil asesmen pada tahun ini yakni ANBK 2024 akan lebih meningkat lagi," tambahnya.

Penulis Zulfafhlurrazi

Editor Humas

Posting Komentar untuk "50 Siswa SMKN 1 Jeunieb Mengikuti Asesmen Nasional 2024"